Wisata Test Drive Bareng Daihatsu Great New Xenia

Wisata Test Drive Bareng Daihatsu Great New Xenia

BosMobil.com – Rute Cirebon – Kuningan, Jawa Barat (2-3/9) menjadi destinasi wisata test drive sejumlah rekan jurnalis untuk menjajal kemampuan Daihatsu Great New Xenia. Kawasan pasar Batik Trusmi, Kampung Kambing di desa wisata Cibuntu, hingga kudapan lezat khas seperti Empal Gentong, dan lainnya, meghiasi perjalanan kami.

Dalam wisata test drive kali ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memboyong 11 Great New Xenia tipe R bermesin 1300 cc Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence) dengan transmisi manual dan otomatis.

Daihatsu-Great-New-Xenia-2

Berpose di Desa Wisata Cibuntu

Kampung Kambing ,desa wisata Cibuntu, Kuningan jadi tempat berpose Daihatsu Great New Xenia. Low MPV 7 penumpang yang baru saja bersolek pertengahan Agustus lalu, tak kalah cantik disandingkan dengan hijaunya hamparan sawah dan gunung Ciremai.

Daihatsu-Great-New-Xenia-3

ADM pun memberikan sebutan mobil ini ‘MetaMOREphosis : More Stylish, More Efficient, More Comfort’. More Stylish terlihat dari ubahan bemper depan, grill berikut lampunya, bagian belakang dibekali dengan combination lamp, selanjutnya lis krom sekeliling kaca samping.

Daihatsu-Great-New-Xenia-4

Daihatsu-Great-New-Xenia-5

Asyiknya untuk tipe R sudah dibekali DRL (Daytime Running Lights) di bemper depannya. Sementara, Kombinasi hitam dan coklat membuat tampilan interior terlihat lebih mewah. Kemudian desain meter combination, sudah dilengkapi dengan Multi Information Display (MID) dan Eco Indicator.

Daihatsu-Great-New-Xenia-7

Daihatsu-Great-New-Xenia-8

Peningkatan Kenyamanan

Dalam perjalanan Cirebon – Kuningan, dengan jarak sekitar 50 km, dibeberapa kesempatan, meski tak sering, kami dihadang lintasan berlubang, gravel serta bergelombang. Berkat penyempurnaan pada bagian suspensi membuat mobil ini menjadi More Comfort dibanding model sebelumnya.

Daihatsu-Great-New-Xenia-9

Dibanding model sebelumnya lagi, peningkatan kesenyapan cukup terasa meski tak terlalu signifikan. Faktor internal seperti suara mesin, dan faktor eksternal kondisi lingkungan cukup ter-reduksi dengan penambahan beberapa peredam. Ketebalan jok juga menambah kenyamanan.

Daihatsu-Great-New-Xenia-11

Sama seperti generasi sebelumnya, meskipun MPV 7 penumpang ini tampak mungil, namun tata letak kabinnya cukup diandalkan. Untuk rata – rata tinggi orang dewasa di Indonesia, jarak kaki dengan jok baris pertama (legroom) cukup leluasa, begitupun ruang kepala dengan plafon (head room).

Daihatsu-Great-New-Xenia-12

Daihatsu-Great-New-Xenia-17

Jok baris ketiga hanya digunakan menyimpan barang bawaan. Untuk melipat jok belakang cukup dengan sekali menarik tuas yang ada di samping, jok akan melipat dengan sendirinya. Sementara itu, teriknya kota Cirebon dapat terbantahkan dengan AC double blower yang menjangkau hingga belakang.

Jalan Berliku dan Menanjak

Mesin Dual VVT-i berkapasitas 1300 cc, Kemudian sistem Drive by Wire jadi bekal kami melintasi jalan berliku dan menanjak. Dual VVT-i merupakan teknologi yang dapat mengatur timing katup intake manifold dan katup exhaust secara komputerisasi (ECU) berdasarkan rangkuman sensor yang ada.

Daihatsu-Great-New-Xenia-13

Dengan teknologi mesin ini kemungkinan waktu katup terbuka dan tertutup secara bersamaan akan lebih sering sehingga gas buang tidak sepenuhnya dibuang, namun disisakan untuk menambah daya dorong piston kebawah lebih kuat lagi. Dengan dorongan piston lebih kuat, tenaga yang terdistribusi makin kuat.

Daihatsu-Great-New-Xenia-14

Dengan drive by wire pedal gas tidak dihubungkan dengan kabel ke mesin, tetapi menggunakan sensor yang mengirimkan sinyal ke mesin. Sistem ini membuat masuknya bahan bakar disesuaikan dengan kondisi dan debit udara yang masuk, jadi tidak terpengaruh dari bejekan pedal gas. Dengan demikian udara dan bensin akan masuk keruang bakar akan seimbang dan tentu membuat bbm lebih More Efficient.

Daihatsu-Great-New-Xenia-10

Drive by wire membuat tarikan awal terasa lebih kalem dan urut apalagi ketika menanjak, tetapi saat ketemu momentumya, tenaga mobil terus meningkat dan terasa tak habis – habis. Mesin baru berkode 1NR-VE ini mengasilkan tenaga maksimal 97 PS dan torsi 121 Nm.

Daihatsu-Great-New-Xenia-15

Indikator ECO menetukan gaya pengemudi dalam memabawa mobil. Bila kecepatan dan putaran mesin konstan berada maka indikator berwana hijau yang ada di odo meter akan menyala, dan menandakan mengemudi anda hemat bbm.

Daihatsu-Great-New-Xenia-16

KOMENTAR