Volkswagen Resmi Kembali Ke Balap WRC Dengan Polo GTI R5

Volkswagen Resmi Kembali Ke Balap WRC Dengan Polo GTI R5

Ajang balap World Rally Championship (WRC) segera dimulai. Pabrikan Volkswagen yang resmi mengundurkan diri pada akhir musim 2016, akhirnya kembali pada tahun ini untuk bersaing di kelas R5 menggunakan VW Polo GTI R5.

VW Polo GTI R5 merupakan mobil khusus balap reli yang berbasis dari VW Polo GTI versi road-car. Mobil ini menggunakan mesin 1.6L turbo yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 270 HP dikirimkan ke seluruh rodanya (all-wheel drive) melalui transmisi sequential 5-speed.

VW Polo GTI R5 2018

Saat ini, pabrikan Jerman tersebut sedang mengirimkan mobil-mobilnya sebanyak 15 unit ke beberapa tim di Eropa, seperti Baumschlager Rallye & Racing GmbH di Austria, BMA & THX Racing di Belgia, Printsport Oy di Finlandia, HK Racing di Italia, dan beberapa mobil di Portugal, Swedia serta Paraguay.

“Kami kewalahan atas feedback positif untuk VW Polo GTI R5 ini, permintaannya cukup besar. Kami tentunya sangat senang dalam hal ini, dan merupakan motivasi kami untuk menyediakan mobil rally terbaik kepada tim,” kata Sven Smeets, Volkswagen Motorsport Director seperti dikutip dari carscoops.

Kelas R5 akan berkompetisi di kategori WRC-2, tepat dibawah kelas utama WRC. Sejak diinisiasikan pada tahun 2012 lalu oleh FIA, sebanyak 5 pabrikan telah mengikuti kelas ini dengan mengirimkan lebih dari 400 mobil balap kepada para tim.

KOMENTAR