Toyota Yaris (NCP91) : A Journalist’s Personalization

Toyota Yaris (NCP91) : A Journalist’s Personalization

Di beberapa kasus, awak media bertugas meliput untuk ditayangkan dalam bentuk artikel. Nah apa jadinya kalau si awak media itu sendiri yang diliput? Bukan tanpa alasan Bosmobil nampilin Toyota Yaris keluaran 2011 ini. Karena selain berprofesi sebagai jurnalis bidang otomotif, bos kita yang satu ini juga terlihat melakukan proper touch up di Yaris NCP91-nya.

Toyota Yaris NCP91

Adalah Christopher Susanto, yang Toyota Yaris-nya dimodif mengadopsi style dari majalah luar negeri. “Nyari konsep daily driven, tapi tetep enak dibawa dan akselerasi juga enggak boyo. Inspirasinya sih mengacu ke Toyota Vitz seperti yang gue lihat di majalah Hyper REV dari Jepang,” tutur Christo, sapaan akrabnya.

Toyota Yaris NCP91

Sekedar kilas balik alasan si pengoleksi die-cast ini mengandalkan Yaris S-Limited bertransmisi automatic. Doi memilihnya untuk dimainin setelah pertimbangan kondisi macet Jakarta dan jalanan yang kurang bersahabat. “Kayak win-win solution aja sebenernya gue ambil ini, karena saat gue angkat di 2014, kilometernya masih di angka 5.000 an,” katanya. Wih…

Toyota Yaris NCP91

Penggemar kuliner sushi ini juga tidak mau terlalu pusing urusan personalisasi, sekitar 80% modifikasinya mencakup aplikasi aftermarket parts yang bolt-on. Contohnya untuk estetika, roda Toyota Yaris silver-nya pakai velg Wedssport TC05 kemudian sedikit dikandaskan melalui sport kit Tanabe DF210 agar tidak cupu dan lebih napak dengan karakter semi stiff. Ngepas banget fitmentnya!

Toyota Yaris NCP91

“Ini velg udah gue incar dari lama, akhirnya kebeli juga. Soalnya gue suka bentuknya yang cenderung spoke sama materialnya yang lightweight, ditambah pakai ban Toyo yang terkenal nge grip banget,” tuturnya.

Toyota Yaris NCP91

Setelah urusan kaki-kaki dan fungsional, lanjut ke kabinnya dimana jok bawa Yaris dipensiunkan dan diganti pakai Recaro LS, yang kemudian dibalut material Artista. Popularitasnya sich terbilang oke, karena banyak yang pakai alternatif material ini untuk retrim jok standar bertipe semi bucket.

Toyota Yaris NCP91

Transmisi otomatis tidak menghalangin bous kita ini untuk oprek mesin Toyota Yaris-nya. Buktinya beberapa performance parts ditemukan dibalik kap mesin. Contohnya doi pakai saringan udara K&N demi pasokan volume udara dingin yang lebih padat ke dalam ruang bakar.

Toyota Yaris NCP91

Di sistem gas buang, cowok 27 tahun ini mengaplikasikan exhaust manifold dari Megan Racing yang ketenarannya di dunia motorsport tidak diragukan lagi untuk membuat akselerasi makin enteng, karena speknya yang udah dikalibrasi untuk transmisi otomatis.

Toyota Yaris NCP91

“Rencananya gue mau konversi full Toyota Vitz, untuk kaki-kaki pengen naik 1 step ke 16 inci dan pakai coilover biar lebih stabil lagi handlingnya,” beber cowok yang mengaku jomblo ini. Wah, kalau setup mobil udah kece gini sih, cewek-cewek pasti nyesel gak diajak ngebut bareng ya bro, hehehe…

Toyota Yaris NCP91

Christo’s Toyota Yaris :
Wedssport TC05 15×6.5” Rims, Toyo DRB 195/55 Tires, Tanabe DF210 Lowering Springs, Megan Racing Exhaust System, K&N Replacement Air Filter, Recaro LS Bucket Seats w/ Artista Upholstery, Netz Emblem.

(EDITED)

KOMENTAR