Toyota Yaris Heykers 2016 In Short Review

Toyota Yaris Heykers 2016 In Short Review

Diperkenalkan pada gelaran GIIAS 2015 lalu, Toyota Yaris Heykers ternyata mendapat feedback positif dari konsumen di Indonesia. Makanya PT. Toyota Astra Motor (TAM) menjawab feedback tersebut dengan resmi meluncurkan mobil hatchback kemarin (3/11/2016) di Jakarta.

Toyota Yaris Heykers 2016

Mungkin untuk Toyota Yaris Heykers ini hanya tersedia di Indonesia, karena didesain oleh tim desainer dari TAM. Berbeda dengan yaris versi E, G, dan TRD Sportivo, Yaris Heykers tampil lebih galak berkat adanya segelintir ubahan di eksteriornya.

Toyota Yaris Heykers 2016

Terlihat dari perubahan bemper depan Toyota Yaris Heykers yang kali ini lebih agersif, diikuti cover untuk fog lamp-nya. Pindah ke bagian samping terdapat side side skirt yang desainnya menyatu dengan side stripe. Kemudian rear bumper juga berubah, diikuti roof spoiler, dan untuk model ini ditambahkan roof rail.

Toyota Yaris Heykers 2016

Yang paling unik adalah over fender-nya, karena biasanya mobil lain mendesain over fender secara mengelilingi mengikuti fender mobil itu sendiri, untuk Toyota Yaris Heykers justru berbentuk seperti kotak. “Terinspirasi dari bentuk batu untuk tradisi lompat batu oleh rakyat suku Nias,” jelas Donny Adhi Yuwono, Chief Designer TAM Design saat mempresentasikan produk Toyota Yaris Heykers.

Toyota Yaris Heykers 2016

Kemudian rodanya, velg juga berganti desain baru dengan diameter 16 inci, yang dibalut ban berprofil 195/55. Uniknya, ground clearance (GC) Toyota Yaris Heykers justru menjadi 184 mm berkat pergantian suspensi baru dari TRD. “Heykers berarti hai-kars yaitu mobil ber-GC tinggi,” tambahnya. Namun TAM tetap memperhitungkan kestabilan untuk mobil yang masih berjenis hatchback ini, bukan crossover.

Toyota Yaris Heykers 2016

Masuk ke dalam interior, kurang lebih masih sama seperti Toyota Yaris sebelumnya. Tetap didominasi warna hitam dari dashboard-nya, kemudian jok yang dikombinasi dengan motif khusus ditengahnya serta jahitan berkelir merah untuk menambahkan kesan sporty sang Toyota Yaris Heykers. Seperti biasanya juga, urusan infotainment dijawab dengan head unit berlayar 7” touchscreen.

Toyota Yaris Heykers 2016

Untuk mesin, Toyota Yaris Heykers menggunakan mesin 2NR-FE yang sama seperti Toyota Sienta maupun Toyota Vios. Mesin tersebut juga tersedia untuk Yaris tipe E, G maupun TRD Sportivo. Mesin 2NR-FE memiliki kapasitas 1.5L berteknologi Dual VVT-i. Selain jenis manual, kini transmisi automatic menggunakan jenis CVT 7-speed yang memiliki perpindahan lebih halus serta diklaim lebih efisien.

Toyota Yaris Heykers 2016

Toyota Yaris Heykers dijual oleh TAM dengan harga Rp 265,5 juta untuk transmisi manual, serta Rp 277,3 juta untuk transmisi otomatis CVT 7-speed. Harga tersebut terpaut Rp 7 juta lebih mahal dibandingkan Yaris TRD Sportivo.

KOMENTAR