Toyota Yaris Di Eropa Dapat Mesin Baru 1.5L ESTEC

Toyota Yaris Di Eropa Dapat Mesin Baru 1.5L ESTEC

Toyota memperkenalkan mesin baru 1.5L ESTEC yang akan digunakan pada Toyota Yaris di Eropa menggantikan mesin 1.33L-nya. Dikutip dari paultan, mesin ini memiliki tenaga yang lebih besar, torsi yang lebih besar, akselerasi yang lebih cepat, irit bahan bakar, dan emisi CO2 yang lebih rendah.

Toyota 1.5L ESTEC (Economy with Superior Thermal Efficiency) dikembangkan untuk antisipasi terhadap regulasi Euro 6c yang akan berlaku di masa depan, dan homologasi RDE (Real Driving Emission). Mesin ini dibuat di Polandia dengan investasi sebesar 150 juta Euro oleh Toyota Motor Europe.

Toyota mengatakan mesin ini meningkat 38,5% untuk thermal efficiency, mendekati rekor dunia 40% oleh Toyota Prius dan Hyundai Ioniq Hybrid. Rasio kompresi yang dimiliki adalah 13,5:1 diikuti desain chamber dan piston baru. Toyota juga menyematkan sistem pendingin exhaust gas recirculation (EGR) dan memperpanjang sistem VVT yang mampu merubah mode mesin dari Otto-cycles ke Atkinson-cycles.

Selain itu, mesin Toyota 1.5L ESTEC ini juga memiliki kerugian gesek yang rendah. Dalam penjelasannya, mesin ini akan memiliki tenaga 110 bhp dan torsi 136 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam juga akan lebih cepat 0,8 detik dibandingkan mesin sebelumnya. Kemudian konsumsi bahan bakar yang dimiliki lebih efisien yang mencapai 12%.

KOMENTAR