Toyota Tetap Bidik Juara 24 Hours of Le Mans

Toyota Tetap Bidik Juara 24 Hours of Le Mans

Pabrikan asal Jerman, Porsche telah resmi mengundurkan diri dari ajang balap World Endurance Race (WEC) mulai tahun 2018. Hal ini menyisakan 1 pabrikan saja asal Jepang yaitu Toyota, yang berkompetisi di kelas paling tinggi, LMP1.

Walaupun hanya berkompetisi sendiri, Toyota tetap ingin melanjutkan berkompetisi di WEC. Meskipun pernah menjuarai beberapa balap di dalam kalender WEC, namun Toyota belum pernah merasakan juara di 24 Hours of Le Mans, yang mungkin bisa dikatakan paling bergengsi.

Seperti dikutip dari carscoops, hal ini dikatakan oleh Shigeki Tomoyama, bos besar Toyota Gazoo Racing saat Tokyo Motor Show 2017. “Kami akan membuat keputusan. Tetapi kemungkinan besar kami tetap melanjutkan balap untuk kelas LMP1. Kami ingin tetap disini, dan target kami adalah juara,” katanya.

Sejak mengikuti WEC, 2 tahun berturut-turut (2016-2017) Toyota harus angkat topi kepada Porsche di balap 24 Hours of Le Mans, bahkan di tahun 2016 pabrikan Jepang tersebut nyaris juara. Dijelaskan juga bahwa Toyota kemungkinan tetap mengandalkan mobil Toyota TS050 Hybrid untuk musim mendatang.

KOMENTAR