Toyota Starlet (EP81) : Unexpected Performance

Toyota Starlet (EP81) : Unexpected Performance

Toyota Starlet tuned by Neo BLX Performance ini memiliki cerita yang unik. Karena tidak ada niatan dari pemilik mobil maupun pihak workshop untuk dikompetisikan di arena balap, yang dalam hal ini adalah drag race.

Toyota Starlet Turbo

Di Sentul Drag Race 2016 seri 2 pada akhir Februari lalu, mobil yang gaul disebut Starkap atau Starlet kapsul ini tidak diduga  sanggup mencetak best time 14,2 detik. Wah, leh uga… “Tidak ada niatan mengikuti balap, pemilik mobil cuma minta lebih enak aja,” buka Awan dari Neo BLX Performance.

Toyota Starlet Turbo

Saat menjalankan proses yang diminta oleh pemiliknya, Awan menawarkan mesin 4E-FTE yang merupakan mesin bawaan Toyota Starlet GT Turbo. Sama seperti Starlet EP81 lokal yang berkapasitas 1.300 cc, namun untuk 4E-FTE sudah dibekali turbo.

Toyota Starlet Turbo

“Kebetulan harganya bersahabat, dan pemiliknya setuju untuk dipasang ke Starlet-nya,” kata Awan. Tidak ada niatan untuk ikut balap, mesin pun dibiarkan standarnya seperti piston, setang piston, kem, maupun kompresi rendahnya.

Toyota Starlet Turbo

Pemasangan mesin 4E-FTE ke engine bay Starlet EP81 tidak ada kendala, karena masih 1 keluarga. Namun namanya mesin bekas, ada saja PR-nya yang kali ini turbo CT9-nya. “Turbo bawaannya macet, jadinya diganti saja pakai TD04L. Niatnya boost rendah doang kok,” tambahnya.

Toyota Starlet Turbo

Pergantian turbo sudah jelas harus merubah manifold yang akhirnya di-custom, dan ditemani external wastegate. Jika intercooler bawaan Starlet GT Turbo berada di atas mesin, kini dipindahkan menjadi ke depan (front mount intercooler), dan diharuskan kastem pipa-pipa turbo.

Toyota Starlet Turbo

Sementara untuk fuel system hanya di-upgrade dengan pergantian fuel pump yang lebih deras. Segelintir ubahan di mobil yang sudah berpenampilan Starlet GT Turbo ini tetap membutuhkan piggyback untuk mengoptimalkan tenaganya.

Toyota Starlet Turbo

Saat dyno test, Toyota Starlet ini menghasilkan output 282 HP dan 315 Nm. “Itu dia kaget, niatnya hanya boost 0,8 bar. Tapi penasaran dinaikin ke 1,2 bar jadi segitu deh. Itu pakai RON95,” jelas Awan. Output tersebut ditransfer ke transmisi bawaan Starlet EP81 ke roda depan yang memakai velg berdimensi 15×8 inci untuk kebutuhan drag race.

Toyota Starlet Turbo

Di interiornya juga sebagain besar masih lengkap, mulai dashboard, hingga jok. Saat sesi foto, kami pun masih merasakan sejuknya pendingin udara di Starlet berkelir putih ini. Hanya saja bagian belakang kabin dikosongkan untuk meringankan beban dan membantu akselerasi mobil saat drag race.

Toyota Starlet Turbo

“Dapat 14,2 detik itu berkali-kali saat kualifikasi maupun race day. Jadi Starlet ini memang potensinya besar. Kedepannya proyek bakal dibuat serius, mau ganti internal mesin. Dari pemiliknya sudah setuju juga hahaha,” tutup Awan.

Toyota Starlet Turbo

Toyota Starlet :
4E-FTE Stock Engine, TD04L Turbo w/ External Wastegate, Custom Turbo Manifold, Custom Turbo Piping, Custom Exhaust System, Zage Intercooler, Dastek Unichip Q+ Piggyback, OEM Starlet EP81 Transmission, Exedy Racing Clutch, SARD Aluminium Radiator, Custom 15x(8+3)” Wheels, Toyo R888 Tires (front), Hankook Tires (rear), Custom Suspension.

Tuned by : Neo BLX Performance.

 

Follow Our Instagram : @bosmobilcom

KOMENTAR