Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101) : Like Father, Like Son

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101) : Like Father, Like Son

Jakarta, BosMobil.com – Hobi yang dimiliki oleh Tyo Rachmansyah bisa dibilang mirip dengan ayahnya, yaitu otomotif. Namun untuk hobinya kali ini sedikit berbeda dengan orang lain, yaitu mengoleksi mobil yang bisa dibilang amat sangat jarang beredar di Jakarta, maupun Indonesia.

???Sejak lama Ayah saya sudah mengoleksi keluarga Toyota Corolla tapi yang versi uniknya, seperti Corolla Levin TE71, Sprinter AE92, dan Corolla Wagon AE109. Nah makanya ketularan ke saya melalui Toyota Sprinter Trueno AE101 ini,?۝ ucap Tyo sambil menunjuk ke arah mobilnya.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Toyota Sprinter Trueno adalah compact sports car dari Corolla, sedangkan kata ???Trueno?۪ sendiri dalam bahasa Spanyol artinya guntur. ???Modelnya seperti Toyota MR2, gemuk tapi timeless, tidak kalah dengan mobil-mobil sekarang,?۝ katanya. Sementara doi juga memiliki alasan memilih Sprinter Trueno dibandingkan Corolla Levin. ???Unik karena tidak grill di depan, seperti mobil sport Italia,?۝ tuturnya.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Tentu butuh perjuangan dan kesabaran untuk mendapatkannya. ???Sekitar 3 tahun yang lalu, saya melihatnya di belakang gedung sekolah, saya sambangi untuk menanyakan apakah dijual. Tapi pemiliknya bilang tidak dijual. Setelah itu dia pindah rumah, dan tidak pernah melihat mobilnya lagi,?۝ bilang Tyo.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Beberapa tahun kemudian, Tyo mendapatkan informasi bahwa ada yang menjual Toyota Sprinter Trueno. ???Ternyata orang yang dulu, dan saya sambangi lagi. Pertama kali datang, jawabannya tidak dijual. Sambil saya rayu terus, saat datang ke-3 kali, akhirnya dia mau jual,?۝ kenangnya.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Saat didapat yang kebetulan versi GT Apex, yang merupakan kelas tertingginya, Toyota Sprinter Trueno-nya tidak terlalu sempurna. Perlahan-lahan disegarkan oleh Tyo, seperti bodi yang tadinya dilapisi cutting sticker, dilepas olehnya agar tampilannya kembali seperti awalnya.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Untuk modifikasinya, Tyo juga tidak mau sembarangan. Mobil sport lansiran tahun 1993 tersebut hanya dipercantik melalui pergantian bemper Sprinter Trueno facelift dan penambahan emblem. ???Aslinya warna hitam, dan sudah di-repaint jadi kuning dari sebelum-sebelumnya. Kebetulan mobil sport itu warnanya terang, jadi saya pertahankan warnanya,?۝ jelas Tyo.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Kemudian pada bagian kaki-kaki, Tyo cukup mengganti velg dengan desain palang 5 dari Impul NS-GT II berdimensi 17×6,5 inci, dengan suspensi standar yang masih dipertahankan. ???Interior juga tidak dimodifikasi, dan saat didapat masih orisinil semua,?۝ ungkapnya.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Namanya mobil sport, pastinya memiliki mesin yang powerful. Kenyataannya, Toyota Sprinter Trueno GT Apex memang dibekali mesin 4A-GE Silvertop. Berspesifikasi 1.600 cc DOHC 20 klep, dengan kompresi 10,5:1 serta individual throttle, mobilnya memiliki tenaga kisaran 160 PS.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Dirasa cukup mumpuni, Tyo hanya mengganti beberapa perangkat pendukungnya, seperti modifikasi pada tabung tengah knalpot, kabel busi, saringan udara, dan coil-nya. ???Basic mesinnya memang high performance. Akselerasinya enak, oper gigi di 9.000 RPM. Top speed mudah diraih, tapi cuma sampai 180 km/jam,?۝ ucap Tyo.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Perjuangan dan kesabaran selama 3 tahun oleh Tyo membuahkan hasil. ???Senang sekali bisa mendapatkan Sprinter Trueno. Dari awalnya hanya bisa melihat, sekarang bisa memilikinya,?۝ ungkapnya mengingat diperkirakan mobil ini hanya ada 5 di Indonesia. ???Mau melengkapinya lagi, seperti stiker GT Apex di pintu. Lalu ganti velg model lain, dan cari lampu belakang yang sudah facelift,?۝ tutupnya.

Toyota Sprinter Trueno GT Apex (AE101)

Tyo?۪s Toyota Sprinter Trueno GT Apex :
Facelifted Sprinter Trueno Front Bumper, Sprinter Trueno Badge, Impul NS-GT II 17×6.5?۝ (ET45) Rims, Falken ZIEX 205/45R17, Custom Center Muffler, Blue Fire Spark Plug Wires, Open Air Filter, MSD Blaster SS Ignition Coil.

??

Teks/foto : daniel

KOMENTAR