Toyota Fortuner SQ : Akibat Sepaham Dengan Juri

Toyota Fortuner SQ : Akibat Sepaham Dengan Juri

Surabaya, BosMobil.com – Apa konsekuensinya jika settingan audio mobil anda sepaham dengan juri atau regulasi?, jawabanya adalah kemenangan dan kemenangan. Itulah yang selalu dikejar dan dialami Ricky dari workshop Mobiltronik Surabaya dengan sistem audio Sound Quality (SQ) yang terinstall di Toyota Fotuner milik customernya yang bernama Lung Lung.

Walhasil Toyota Fotuner Lung – Lung sudah dibawa Ricky menjuarai banyak kompetisi beragam regulasi, baik mSF EASCA maupun kontes EMMA. Menurut Ricky dengan memahami komentar juri menjadi pembelajaran kedepan untuknya dalam melakukan setting.

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-2

“Misalnya EASCA, saya 90% sepaham dengan komentar jurinya. Contoh kasus, saya merasa susah untuk point midbass, karena posisi midbass didalam pintu, maka level dari midbass cenderung saya kurangi untuk menghilangkan cancel suara, dan itu terbaca oleh juri EASCA. Selain itu, midbass kurang, maka fundamental saya kurang. Nahhh kenapa midbass kurang ? Saya tau alasan nya dan itu benar,” ungkap Ricky.

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-12

Dalam membangun mobil ini, banyak tantangan yang ditemui mulai dari kondisi mobil hingga permintaan customer, berikut adalah kisanya :

Membangun Tanpa Merusak

Kondisi standar kabin Toyota Fortuner tidak akan mengasilkan suara yang optimal jika tidak ada sentuhan khusus yang agak sedikit mengorbankan bentuk originalnya, hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri buat sang installer.

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-3

“Tantangan membangun Fortuner adalah, Si empunya tidak mau “merusak” doortrim ori. Maka disitu kita akan mempunyai kesulitan dalam hal response suara . Akan jauh lebih baik apabila midbass keluar dari doortrim,” terang Ricky.

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-4

Ricky menambahkan, bentuk dashboard standar dari Fortuner jika bertanding dikompetisi EMMA akan mempunyai kelemahan soal panggung yang pendek sehingga untuk memperoleh point Depth akan kurang dibanding dengan dasboard yang lebar seperti honda Jazz atau yang lainya.

Head Unit Multimedia

Si owner mobil ingin menikmati suara namun disusupi dengan hiburan seperti menonton DVD, untuk itu Ricky memilihkan head unit double din dengan sejumlah fitur multimedia. Selain memiliki fitur multimedia HU harus netral sehingga menghasilkan suara yang normal dan apa adanya.

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-5

Midrange Dibungkus Alumunium Housing

Rigiditas mobil menjadi mutlak diperlukan agar driver speaker bekerja dengan optimal, oleh karena itu Ricky melumuri pintu depan dengan 4 lapis peredam, masing – masing pintu kiri dan kanan. Pintu depan menjadi hal yang fital karena di area ini midbass bermukim.

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-6

Untuk speaker depan menggunakan 3 Way dari brand Focal “treatment speaker depan menggunakan alumunium housing pada midrange, fungsinnya untuk menghasilkan suara lebih rigid dikarenakan kerasnya dinding alumunium. housing ini juga mempunyai kubikasi yang presisi antara kiri dan kanan,” ujar Ricky.

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-9

Posisi Subwofer Kejar Fungsional

Pada placement subwoofer, installer muda dari Surabaya ini, meletakannya di sebelah kanan dengan alasan fungsionalitas. “Karena disebelah kiri terdapat tempat toolkit. Seharusnya yang terbaik adalah disebelah kori, namun karena keinginan customer tetap fungsional, maka dipilih sebelah kenan,”

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-7

Menurut Ricky perbedaan antara kiri dan kanan terkait posisi dengar sipengendara atau juri. Namun hal itu dapat diatasi melalui delay difitur processor. Untuk pemilihan hati Ricky jatuh pada prosesor Alpine 701, “Processor ini easy to use dan saya terbiasa menggunakan, sehingga hasilnya akan lebih baik,” senyum Ricky.

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-8

Power Bikin Suara Terdongkrak

Power dengan brand Harmotech menjadi pendobrak karekter suara dalam urusan mendrive speaker. Harmotech dipilih karena membawa karekter tube hybrid dan power ini juga terbaik dikelas dan harganya. Degan power ini menghasilkan suara tabung sehingga suara lebih warm, tebal dan hidup,” ungkap Ricky.

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-11

TOYOTA-FORTUNER-SQ-MOBILTRINIK-SBY-10

Spesifikasi : Speaker depan Focal 3Way, Head Unit Alpine 503 BT, Prosesor Alpine PXA H701, Power Amplifier Harmotech T4 dan Dan Harmotech T1, Subwoofer Focal 27v2.  Mampir juga ke tema spesial BosMobil dengan berjudul Meet The Famous

KOMENTAR