Toyota Corona EX Saloon (ST171) : Built For Eccentric

Toyota Corona EX Saloon (ST171) : Built For Eccentric

Toyota Corona memang sangat jarang digunakan oleh pehobi modifikasi, apalagi untuk balap. Maklum saja karena dari pabrikannya memposisikan Corona sebagai mobil mid-size car, ditambah desainnya yang cocok dipakai oleh orang-orang tertentu saja.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Tidak demikian bagi Yodhi Dwinanto, pemilik Toyota Corona EX Saloon ini. Mobil generasi ke-5 tersebut justru dipilihnya untuk dimodifikasi. “Biasanya orang cenderung pilih ke Corolla. Mungkin Corona terlalu bapak-bapak banget, dan bodinya berat. Jadi saya tertarik dan tertantang untuk bangun Corona, supaya lebih nyentrik,” sambungnya.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Dibuat agar bisa bertarung di 2 dunia berbeda yaitu kontes modifikasi dan balap drag race, Toyota Corona ST171 produksi 1991-nya diberikan konsep DKK alias detail, klimis, dan kencang. Di kontes modifikasi, Yodhi membidik drag look. Oleh HJ Autowork, tampang sedikit dibuat sangar, dengan adanya beberapa kesan karbon.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

“Kap mesin, fender depan dan bagasi diganti dengan bahan finer yang kemudian dilapisi karbon. Penampilan secara keseluruhan masih mempertahankan bentuk asli Toyota Corona. Untuk atap ditambahkan sunroof,” katanya.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Mesin juga menjadi penilaian dalam kontes modifikasi, makanya Yodhi juga memfokuskan pada bagian ini. Karena untuk balap juga, pria pengusaha tersebut menyerahkan sepenuhnya kepada Yulfiardi dari GSS Engineering, yang kemudian dilakukan engine swap ke mesin 3S-GTE generasi pertama bawaan Toyota Celica ST185.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Oleh Yulfi, internal mesin terlebih dahulu diganti seperti piston, setang piston dan lainnya. “Diperkuat karena ada rencana upgrade ke generasi terakhir, makanya bawahnya disiapkan dulu. Untuk camshaft masih mengandalkan standarnya Celica, karena koinnya masih over-bucket,” bilang Yulfi.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Yulfi mempercayai TD06 sebagai turbo-nya yang ukurannya lebih besar dari bawaan 3S-GTE Celica. Pergantian turbo mengharuskan custom pada manifold, berikut pipa-pipa turbo dan lainnya. Demikian juga fuel system ditingkatkan untuk mengimbangi boost pressure dari turbo. ECU bawaan masih diandalkan, yang dimanipulasi piggyback Dastek Unichip.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Angka yang keluar saat diukur di dyno test adalah 450 HP dengan boost 1,5 bar. Namun transmisi masih menggunakan bawaan Toyota Corona, yang artinya front-wheel drive. “Tadinya mau pakai transmisi Toyota MR2. Tapi karena rencana ke four-wheel drive, jadi pakai transmisi bawaan aja dulu,” ucap Yulfi.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Sementara beberapa perangkat di bagian interior Corona-nya sebagian besar sudah dilepas agar mengurangi bobot. Untuk kebutuhan balap, jok diganti dengan model bucket, diikuti rollbar dari pipa seamless. Di bagasinya juga ‘dikebiri’ diganti dengan tanki bahan bakar berukuran lebih kecil.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Saat diuji di drag race 402 meter akhir Januari lalu, Toyota Corona-nya bisa mencetak waktu terbaik 13,2 detik. “Rasio transmisi standarnya tidak sesuai dengan karakter mesin. Kalau di-custom seharusnya jauh lebih enak. Apalagi nanti kalau dipasangi four-wheel drive-nya,” ucap Yulfi.

Toyota Corona EX Saloon (ST171)

Seperti yang disebutkan sebelumya, Yodhi maupun Yulfi sepakat untuk memasang sistem four-wheel drive di Toyota Corona ‘ungu’ ini. “Mesin baru juga sedang dipersiapkan, yaitu 3S-GTE generasi terakhir. Karena yang sekarang masih 3S-GTE generasi pertama,” pungkas Yodhi. Tidak lupa bagian eksterior yang proyeknya akan diteruskan hingga memenuhi syarat untuk kontes. “Sebenarnya belum kelar, tapi berhubung ada balap, iseng saja diturunkan dulu,” tutupnya.

Yodhi’s Toyota Corona EX Saloon :
3S-GTE 1st Gen Engine, CP Pistons, BC Connecting Rods, ACL Race Bearings, ARP Head & Main Studs, Cometic Head Gasket, BC Valve Springs & Titanium Retainers, TD06 Turbo, TiAL External Wastegate, Custom Stainless Steel Header, HKS BOV, Aluminum Turbo Piping, Aluminum Cold Air Intake, Aluminum Oil Catch Tank, Fuel Injector Clinic 750 cc Injectors, Custom Fuel Rail, DeatschWerks 350 Fuel Pump, Aeromotive FPR, JAZ Fuel Cell, Braided Hose Fuel System, Dastek Unichip Piggyback, OEM Toyota Corona EX Saloon Transmission, TRD Clutch Pad & Clutch Cover, Autobahn88 Oil Cooler, Koyorad Radiator, Enkei Rims, Toyo R888 Tires, JIC Coilover Suspension, Custom Front & Rear Strut Bars, APEX’i & Autometer Gauges, MOMO Steering Wheel, Bride Bucket Seat, Seamless Roll Bar.

Workshop : GSS Engineering-Cibubur (Engine), HJ Autowork-Depok (Body).

KOMENTAR