Toyota All New Hilux D-Cab – Makin Ekstrim dan Makin Nyaman

Toyota All New Hilux D-Cab – Makin Ekstrim dan Makin Nyaman

Tangerang Selatan, BosMobil.com – Toyota All New Hilux hadir dengan desian baru yang mempesona, jika dibandingkan dengan pendahulunya yang terkesan mengotak, kini Hilux baru memiliki tampang yang terlihat makin kokoh dan kental dengan unsur emosional dari tatapan headlamp yang berpadu desian grill.

Perkenalan All New Hilux dilakukan pada pembukaan pameran akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Tak lama kemudian BosMobil mendapat kesempatan menjajal double cabin terbaru ini.

Apa Saja Yang Baru ?

Perubahan desain eksterior paling jelas terlihat, seperti headlamp, grill, bumper, foglamp, kemudian menjalar hingga bagian lampu dan bumper belakang yang juga tampil baru. Jika kita bandingkang dengan generasi sebelumnya banyak detail – detail perubahan, apa saja yang baru ?.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-2

Nosel washer yang tadinya menempel di cap mesin disembunyikan, jadi cap tampil lebih clean. Wiper juga dideasin baru, terkesan lebih rapih. Dibagian atap desainnya mirip Toyota 86 yakni pagoda roof, fungsinya buat menambah kekuatan, dan terdapat juga antena baru di atap.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-3

Diameter velg bertambah dari 15 inchi, sekarang 17 inchi. Lampu Sein yang ada di spion dibekali LED, kalau yang sebelumnya hanya pakai bohlam biasa. Fender roda makin melenar keluar, terkesan berotot dan buat yang ingin modif dengan pelek lebar dan ban besar tak perlu lagi nambah fender tempelan.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-4

Footstep samping lebih rendah, sementara itu, ada tambahan footstep dibagian belakang, dimana pada model sebelumnya tidak pernah ada. Bagasi atau bak belakang menjadi lebih luas, dan penutup pintu bagasi yang tadinga sling diganti plat.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-5

Kesan Off Road Hilang Dibagian Interior

Jika tampilan eksterior terlihat makin sangar, berbanding terbalik ketika membuka pintu untuk melihat bagian interior. Sisi cabin dibuat layaknya tampilan sedan agar sang pengemudi dan penumpang meresa nyaman.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-6

Pada jok depen terdapat bucket untuk memeluk tubuh agar tetap nyaman saat bermanufer dilintasan off-road. Setir yang dulunya hanya ada pengaturan tilt steering, sekarang ada teleskopiknya. Pada steer juga terdapat pengaturan audio, bluetooth dan telephone.Kombinasi meter makin enak dipandanga mata.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-7

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-9

Nah, ini yang cukup menonjol, jika pada pendahulunya tuas transmisi ada dua, yang panjang dan yang pendek untuk penggerak 4WD, sekarang tuas buat penggerak 4 roda diganti dengan tombol putar yang simpel ditaruh dashboard bagian bawah. Ada tombol untuk mengunci gardan belakang.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-8

Kanyemanan dan Kemanan Di Tingkatkan

Tak ada mesin diesel yang nyaris tak terdengan, begitulah kira- kira celoteh yang beredar. Nah, untuk menanggulangi suara mesin yang terdengar hingga kabin All New Hilux dibekali peredaman pada kap mesin, firewall kemudian karet – karet pintu dibuat lebih rigit dan rapat.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-10

Buat keamanan didalam kabin sudah dilengkapi 3 bauh airbag, sementara untuk tipe tertinggi “V” terdapat 5 buah airbag. Selain itu piranti pengereman sudah dibekali ABD, EBD dan yang lainya. Begitu juga dengan fitur keamanan saat mobil ini melintasi trek yang terjal.

Ekstirm Tes di Medan Off Road

Pada kesmpatan sesi test drive yang digelar TAM di Sirkuit Off-Road BSD, BosMobil berkesempatan menjajal menggeber All New Hilux double cabin. Tanjakan hingga turunan curam lebih dari 40 derajat, sampai genangan lumpur yang cukup dalam dengan mudah dilahap All New Hilux.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-11

Mode penggerak roda dipindah hanya dengan tombol putar dari H2 (penggerak dua roda) ke L4 (penggerak 4 roda low gear). Sejumlah fitur penunjang pengerak 4X4 juga membuat mobil ini tetap aman melewati trek offroad yang cukup ekstrim. Fitur tersebut diantaranya rear differential lock, active traction, Hill-start Assist Control, dan Vehicle Stability Control.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-14

Dalam pengujian All New Hilux dihadapkan tanjakan dan turunan curam. Hanya dengan gigi 1, dengan posisi 4L pedal kopling dan pedal gas dilepas, mobil mananjak lancar dengan sendirinya. Dengan praktek yang sama dihadapkan pada turunan menukik tajam, dan mobil tetap aman sampai dipermukaan yang datar.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-12

Ketika mobil terperosik kekubangan berkat suspensi baru dan fitur Differential Lock membantu anda meloloskan diri. Oh iya, All New Hilux sudah dibekali sasis yang bertambah tinggi 20mm untuk meminimalisir gejala sasis terpelintir.

ALL-NEW-HILUX-TEST-DRIVE-13

Pada lintasan lurus, meskipun All New Hilux double cabin masih menggendong mesin yang sama dengan pendahulunya yakni mesin diesel 4 silinder 2KD-FTV berkapasitas 2.500 cc. Namun transmisi diperbaharui, untuk yang manual perubahan transmisi dari 5 ke 6 percepatan, sedangkan untuk yang otomatis dari 4 ke 5 percepatan. Dengan perbedaan transmisi, gear rasio pun berubah dan performa bertambah.

KOMENTAR