Toyota 86 (ZN6) : Function First

Toyota 86 (ZN6) : Function First

Sejak diperkenalkan, Toyota 86 sudah mencuri banyak perhatian orang, karena mobil sports car ini memiliki tampilan yang cukup cihuy. Beragam resep maupun racun telah tersebar untuk meng-upgrade tampilannya.

Toyota 86 ZN6

Namun untuk Toyota 86 milik Kevin Jayadi memang terlihat cukup sederhana. Doi pun memiliki sederet alasan atas hal tersebut. “Modifikasi di Jepang modelnya seperti ini. Selain itu, Toyota 86 ini juga masih difungsikan sebagai mobil harian gua,” jelas Kevin.

Toyota 86 ZN6

Sederhana disini tidak selamanya sederhana. Buktinya, terdapat add-on kit di Toyota 86-nya yang membuatnya lebih cihuy ketimbang versi standarnya. Namun Kevin menampik jika adanya penambahan tersebut. “Gue beli memang sudah begini,” tuturnya. Dan mobilnya memang merupakan versi Aero.

Toyota 86 ZN6

Makanya pemilik workshop Kev Garage ini tidak melakukan ubahan pada eksteriornya. Tampilan Toyota 86-nya hanya disempurnakan oleh pergantian pada bagian roda. Oleh Kevin disematkan velg yang bisa dikatakan ‘ngeri-ngeri sedap’.

Toyota 86 ZN6

Yup, velg Super Advan Racing Ver.2 menggantikan velg standar Toyota 86-nya. Velg asal Jepang ini sangat jarang populasinya dimarih, dan biasanya dipakai untuk balap, seperti drifter Nobuteru Taniguchi yang menggunakan di Nissan Silvia-nya.

Toyota 86 ZN6

Sama-sama berdiameter 17 inci, velg tersebut dibalut ban Yokohama Advan Neova AD08R berprofil 215/45. “Jadinya ban lebih meaty,” tambah Kevin. Sementara suspensi juga dirubah yaitu penggunaan lowering kit untuk mengurangi ground clearance.

Toyota 86 ZN6

Mesin boxer 2.000 cc naturally aspirated (N/A) bawaan Toyota 86 masih dipertahankan. Kevin hanya menyempurnakannya dengan mengganti exhaust system untuk melancarkan gas buang, disertai pemakaian piggyback agar tenaga bisa optimal.

Toyota 86 ZN6

“Mesin belum mau ekstrim dulu. Tapi yang gue bingung, ECU di Toyota 86 ini beda dengan biasanya, jadi mapping-nya beda juga, dan dia maunya pakai bensin oktan tinggi. Makanya dimundurin timing-nya, dan tenaganya saat di-dyno jadi 200 HP,” jelas Kevin.

Toyota 86 ZN6

Sementara untuk interior Toyota 86 milik Kevin yang memiliki kombinasi merah dan hitam masih belum terkena sentuhan modifikasi dengan alasan tidak mau merubah aslinya.

Toyota 86 ZN6

“Kedepannya sudah rencana mau pasang turbo untuk tenaga lebih besar. Tapi turbo kit, jadi tidak perlu bongkar mesin dan masih bisa dipakai harian. Target boost-nya sih 0,5 bar saja. Tapi kata orang-orang, boost segitu sudah lumayan liar,” tutup Kevin.

Toyota 86 ZN6

KOMENTAR