(TIPS-INFO) Upgrade Busi, Pengaruh Atau Tidak?

(TIPS-INFO) Upgrade Busi, Pengaruh Atau Tidak?

Busi pada mesin mobil berfungsi untuk memercikan api di ruang bakar (combustion chamber), kemudian membakar campuran udara dan bahan bakar, sehingga menciptakan tenaga untuk menggerakkan mobil. Namun jika mengganti busi standar dengan busi yang spesifikasinya lebih tinggi, apakah ada pengaruhnya?

“Tergantung om, untuk mobil apa dulu,” buka Haviedz Pahlevie Muvtie dari workshop Supernova. Dalam hal ini, doi mencontohkan pada mobil dengan mesin standar dan mobil yang mesinnya sudah dimodifikasi hingga pada bagian internalnya.

“Untuk mobil harian, upgrade busi ke lebih tinggi sebenarnya tidak ada pengaruhnya. Tenaga pun tidak bertambah. Biasanya ini karena sugesti atau perasaan saja, rasanya setelah upgrade busi, mobil jadi lebih enak larinya,” jujurnya.

Pria yang biasa disapa Apit ini mengatakan jika upgrade busi itu melihat dari ubahan apa saja yang ada di dalam mesin. “Kalau kompresi sudah naik, dan pakai bahan bakar yang oktannya lebih tinggi, busi wajib di-upgrade. Jadi, sebenarnya upgrade busi ini untuk mengoptimalkan ubahan-ubahan tersebut,” katanya.

Apit menekankan jika upgrade busi lebih cocok untuk kebutuhan balap. “Kalau drag race yang spesifikasinya sudah esktrim, seperti kompresi dan pakai racing fuel, wajib ganti upgrade busi yang lebih ‘dingin’. Contoh lagi balap touring, meskipun mesin standar, busi wajib di-upgrade, karena putaran mesin terus tinggi dalam jangka waktu yang lama,” jelasnya.

Kami pun sempat menanyakan contoh kasus mobil yang mesinnya sudah dimodifikasi ringan, seperti ganti saringan udara, dan exhaust system yang lebih besar. “Kalau pengapian dan kompresi belum meningkat, busi standar saja juga masih cukup om,” bilang Apit.

Dalam kesimpulannya, upgrade busi dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan standar pabrikan adalah tergantung modifikasi mesinnya. “Tidak ada salahnya kok mobil standar tapi upgrade busi. Tapi yang pasti tidak ada perubahan tenaga, saya sudah sering dyno test,” tutupnya.

Foto : iwanbanaran/google.

KOMENTAR