(TIPS-INFO) Pilih Header 4-2-1 Atau 4-1? Sesuaikan Spesifikasi Mesin

(TIPS-INFO) Pilih Header 4-2-1 Atau 4-1? Sesuaikan Spesifikasi Mesin

Salah satu langkah untuk meningkatkan performa mesin adalah pergantian header pada exhaust system (bagi yang mesinnya masih menggunakan header). Biasanya orang beranggapan untuk balap, pilihannya adalah header 4-1, sedangkan untuk harian memakai header 4-2-1. Tidak salah juga pemikiran tersebut, namun harus melihat faktor lainnya.

“Sebenarnya melihat dari spesifikasi mesin pada mobil itu sendiri. Ada kok mobil yang dipakai harian tetapi pakai header 4-1. Ada juga mobil yang untuk balap, tapi header-nya justru 4-2-1. Jadi tergantung spesifikasi mesinnya,” tegas Haviedz Pahlevie Muvtie dari Supernova.

Header 4-1 akan memberikan power band lebih pada putaran mesin diatas, sedangkan header 4-2-1 power band-nya berada di putaran mesin menengah. “Lihat dulu spesifikasi mesinnya, yaitu ukuran bore (diameter piston) dan ukuran stroke (langkah). Ukuran ini akan menentukan karakter mesinnya, baik tenaga maupun torsinya,” lanjut pria yang akrab disapa Apit ini.

Header 4-1 4-2-1

Doi memberikan contoh pada mesin Honda K Series yang ukuran bore dan stroke-nya sama, atau yang biasa disebut square engine. Dengan begitu, tenaga dan torsi yang dihasilkan merata dari putaran mesin bawah hingga keatas. “Kalau mesin K Series gak masalah pakai header 4-1,” jujurnya.

Namun berbeda jika karakter mesin yang torsinya tidak berada di putaran mesin bawah. “Biasanya karakter ini terdapat di mobil-mobil keluaran lama, lebih baik pakai 4-2-1. Contoh lagi mobil BMW dengan mesin 6 silinder, torsinya besar, tidak masalah pakai header 6-1,” bilangnya lagi.

Selain itu, pemilihan header 4-1 ataupun 4-2-1 juga melihat dari engine bay mobil itu sendiri. “Suzuki swift tidak bisa menggunakan header 4-1, karena tidak memungkinkan karena ruangnya sempit,” jelasnya. “Intinya tidak masalah pakai header 4-1 atau 4-2-1 untuk balap dan harian, namun harus lihat ke spesifikasi mesinnya agar sesuai peruntukannya” tutup Apit.

Foto : bosmobil/dcsports/japspeed.

KOMENTAR