(TIPS-INFO) Pasang Audio Switch Untuk Setir Di Honda Brio Lama

(TIPS-INFO) Pasang Audio Switch Untuk Setir Di Honda Brio Lama

Honda Brio facelift yang diluncurkan pada tahun 2016 telah dilengkapi audio switch pada setirnya, namun tidak berlaku pada keluaran lama. Bagi pengguna Honda Brio sebelum facelift, mungkin hal ini bisa dijadikan alternatif untuk menambah komponen pengaturan audio tersebut.

Audio switch sendiri ditujukan untuk memudahkan pengaturan audio seperti volume, ganti channel untuk radio atau ganti track saat mendengarkan CD, dan lainnya. Selain itu menambah kesan premium pada mobil itu sendiri, komponen ini tidak membuat pengendara kehilangan fokus saat berkendara.

Kali ini, Arief Ramadhany dari Brio Project Indonesia (BPI) memberikan sedikit tips untuk menambahkan audio switch pada Honda Brio keluaran lama. Doi mengatakan jika komponen tersebut diambil dari Honda Mobilio RS.

“Kebetulan konstruksi setir Honda Brio dan Honda Mobilio RS itu sama, jadi saya pakai audio switch-nya,” katanya. Komponen ini tentunya tidak datang dari langit, melainkan harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 2,2 juta untuk audio switch, fleksibel setir, dan modul universal yang menghubungkan head unit.

Langkahnya pun cukup mudah. Pertama dengan membuka airbag pada setir bersama soket sensornya menggunakan kunci bintang atau kunci L, kemmudian buka setir menggunakan kunci roda 19. Setelah itu buka soket fleksibel setir dan digantikan dengan milik Honda Mobilio RS.

“Fleksibel diganti karena punya Honda Brio tidak bisa dipakai dengan modul universal,” bilangnya. Selanjutnya pasang modul universal pada soket fleksibel tersebut dan hubungkan ke bagian output di head unit.

Hasilnya, audio switch pun sudah dapat digunakan. Bagi kamuhh yang hobi ‘oprek’ sendiri, mungkin bisa dilakukan dengan mudah. Tapi kalau elu gak mau repot atau kurang pe-de, disarankan untuk menyerahkan ke toko audio atau aksesoris terdekat.

KOMENTAR