(TIPS-INFO) Begini Perlakuan Khusus Mobil Yang Dimodifikasi Pakai Turbo

(TIPS-INFO) Begini Perlakuan Khusus Mobil Yang Dimodifikasi Pakai Turbo

Modifikasi mesin dengan menggunakan turbo adalah langkah pasti untuk meningkatkan performa. Namun bukan berarti trouble free, faktanya turbo juga bisa bermasalah, bahkan rusak yang akhirnya mobil menjadi ‘memble’. Bagaimana cara memperlakukan mobil yang sudah dimodifikasi menggunakan turbo, agar turbo itu sendiri bisa awet?

Yang pertama adalah cara berkendaranya. “Bawa mobilnya jangan agresif seperti di sirkuit, kalau mobil itu untuk harian. Lalu jangan sengaja melewati batas putaran mesin saat ganti gigi. Kalau sewajarnya mungkin tidak masalah, tapi kalau keseringan, justru akan merusak turbo,” bilang Shendi Andika dari workshop S Motorsport.

Kemudian perlakuan khusus yang ke-2 adalah jangan langsung mematikan mobil setelah berkendara cukup lama. “Paling tidak 30 detik didiamkan dalam keadaan idle, baru dimatikan,” lanjutnya. Hal ini untuk menurunkan suhu kipas turbo, dan juga melumasi kembali komponen di dalam turbo.

Dalam hal ini, salah satu perangkat pendukungnya adalah turbo timer, yang berfungsi agar mesin tetap menyala secara idle dalam waktu tertentu (yang bisa disetel sesuai keinginan), meskipun kunci kontak sudah dalam posisi ‘off’.

“Kalau langsung dimatikan, kipas di dalam turbo akan langsung berhenti dalam keadaan suhu masih tinggi. Hal ini bisa merusak bearing pada kipas, yang akhirnya oblak, dan bisa mengakibatkan kebocoran oli di dalam turbo,” tutupnya.

KOMENTAR