Test Drive Singkat Chevrolet Trax

Test Drive Singkat Chevrolet Trax

Bogor, BosMobil.com – Tepat pada Selasa (1 Desember 2015) lalu, General Motors Indonesia meluncurkan produk terbaru SUV-nya yaitu Chevrolet Trax. Dalam peluncurannya tersebut, media yang hadir termasuk BosMobil.com diberikan kesempatan untuk test drive melalui acara TRAX-citement di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. (Untuk foto-foto bisa langsung ke bagian paling bawah gan)

Sebelumnya, berbicara tampilan, Chevrolet Trax memiliki desain yang unik. Biasanya ciri khas mobil dari Amerika Serikat memiliki bentuk ‘kotak’, namun Chevrolet Trax tampil landai. Untuk interiornya didominasi warna hitam, dan beberapa bagiannya dikombinasikan aksen silver, seperti konsol, doortrim, setir dan lainnya. Dashboard yang rata tidak menghalangi pengemudi untuk melihat ke depan. Instrument cluster-nya merupakan kombinasi analog dan digital untuk menampilkan beragam informasi.

Urusan hiburan, Chevrolet Trax versi LTZ dibekali head unit berlayar 7 inci Chevrolet MyLink Multimedia System berfitur iPod Connectivity, Bluetooth Connectivity, SIRI Eyes Free Voice Command, dan lainnya. Berbicara posisi berkendara, kami merasakan ergonomis. Selain posisi bisa diatur, lingkar kemudinya terdapat beberapa tombol pengontrol. Asyiknya, Chevrolet LTZ sudah dilengkapi sun roof. Jok belakang bisa dilipat untuk mendapatkan ruang yang lebih luas untuk barang bawaan. Asyiknya lagi, disediakan fitur soket listrik 230V.

Chevrolet Trax dibekali mesin 1.4L yang ditemani turbo. Tenaganya mencapai 140 PS, dengan torsi 200 Nm yang sudah didapat pada putaran mesin rendah. Mesin ini dikirimkan ke roda depan melalui transmisi 6-speed automatic with tiptronic. Rodanya Chevrolet Trax LTZ sendiri menggunakan diameter 18 inci, dengan sistem rem cakram bagian depan dan belakang.

Saat test drive singkat, kami justru memakai varian Chevrolet Trax LT, namun tidak ada perbedaan performa. Ketika pertama kali masuk dan tutup pintu, kabin Chevrolet Trax terasa senyap. Suara mesin maupun suara horror lainnya bisa diredam. Saat dikendarai ke lokasi pengetesan yang jalannya kurang rata, bantingan serasa empuk.

Di sesi slalom, kami memang sedikit ragu untuk ‘gaspol’. Meskipun sedikit terasa limbung saat menikung tajam, namun pengendalian tetap terjaga. Hal tersebut wajar karena bukan mobil balap. Kemudian tenaga 140 PS membuat Chevrolet Trax bisa berakselerasi dengan cepat. Fitur ABS juga berfungsi baik saat pengetesan rem secara mendadak di salah satu sesi. Selanjutnya diberikan kesempatan juga mengelilingi sirkuit dengan pengendalian yang agresif. Saat lintasan lurus, Chevrolet Trax sangat mudah untuk mencapai kecepatan diatas 140 km/jam.

Pengetesan dilakukan di sirkuit membuat kami belum bisa mengetahui konsumsi bahan bakarnya. Namun jika pengalaman dengan mobil lain yang memiliki spesifikasi mesin mirip-mirip (kapasitas kecil dan turbo), seharusnya Chevrolet Trax memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien.

Chevrolet Trax LTZ dijual dengan harga Rp 291 juta, sementara untuk varian ‘entry level’-nya yaitu Chevrolet Trax LT akan lebih murah yaitu Rp 267 juta.

FOTO-FOTO

KOMENTAR