Suzuki SX4 S-Cross, Siap Tantang Segmen Crossover

Suzuki SX4 S-Cross, Siap Tantang Segmen Crossover

Tepat pada pembukaan GIIAS 2016 hari Kamis (11/8) lalu di ICE BSD, Tangerang, Suzuki Indomobil Sales meluncurkan produk terbarunya yaitu Suzuki SX4 S-Cross. Mobil ini dikatakan siap menantang mobil lainnya di segmen crossover karena memiliki sederet fitur-fitur baru.

Suzuki SX4 S-Cross Review GIIAS 2016

Sebelumnya, mobil ini bisa dibilang penerus Suzuki SX4 yang dipasarkan di Indonesia pada tahun 2007 lalu, yang merupakan pionir mobil crossover di Indonesia. Dari desainnya, Suzuki SX4 S-Cross sangat jauh berbeda dengan SX4 sebelumnya.

Suzuki SX4 S-Cross Review GIIAS 2016

Diawali dari muka, Suzuki SX4 S-Cross dibekali headlamp proyektor dilengkapi leveling device manual yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Desain sporty dipadukan dengan mewah terlihat dari grille cukup besar yang berlapis chrome serta beberapa bagian front bumper-nya.

Suzuki SX4 S-Cross Review GIIAS 2016

Di bagian sampingnya, Suzuki SX4 S-Cross dibuat melengkung pada atapnya untuk memberikan kesan aerodinamis. Di belakang, jika sebelumnya kecil, kini stoplamp-nya lebih besar. Seperti mobil-mobil sekarang, Suzuki SX4 S-Cross juga dibekali roof spoiler untuk menambahkan kesan sporty-nya. Untuk velgnya juga memiliki desain unik berwarna abu-abu gelap metalik, yang berukuran 16 inci.

Suzuki SX4 S-Cross Review GIIAS 2016

Masuk interior, secara keseluruhan berwarna hitam mulai dashboard hingga jok-nya, yang dikombinasikan aksen krom di beberapa bagiannya. Rasanya head unit 2 din berlayar 7 inci sudah menjadi menu standar bagi mobil-mobil baru dengan kelas middle, dan ini terdapat di Suzuki SX4 S-Cross juga. Sementara mobil ini juga dibekali multi-information display pada box speedometer-nya, yang bisa memberikan notifikasi untuk melakukan pergantian gigi untuk transmisi manual.

Suzuki SX4 S-Cross Review GIIAS 2016

Suzuki SX4 S-Cross Review GIIAS 2016

Mesin yang diusung Suzuki SX4 S-Cross adalah berkode M15A. Namun dibandingkan sebelumnya, mesin 1.500 cc square engine (78 mm X 78 mm) tersebut disempurnakan lagi di internalnya, salah satunya penggunaan piston terbaru, sehingga tenaganya menjadi 109 HP, disertai torsi 138 Nm.

Suzuki SX4 S-Cross Review GIIAS 2016

Suzuki SX4 S-Cross memiliki 2 pilihan transmisi, yaitu 5-speed manual dan 6-speed automatic. Asyiknya untuk automatic diberikan fitur paddle shift, yaitu memberikan pengemudi untuk mengganti gigi secara manual dengan cara menekan tuas di balik setir.

Suzuki SX4 S-Cross Review GIIAS 2016

“Suzuki SX4 S-Cross mempunyai 4 keunggulan dasar, yaitu lampu HID untuk menunjang visibilitas pada malam hari, auto rain wiper sensor yang jika hujan wiper langsung aktif, 6 percepatan pada transmisi otomatis, dan cruise control. Dari keamanan, mobil ini dibekali ABS+EBD, dual airbags, side impact beam, dan lainnya,” ungkap Harold Donnel, 4W Product Development SIS saat sesi penjelasan teknis Suzuki SX4 S-Cross hari ini (15/8). Mobil yang diimpor utuh dari India ini dijual dengan harga Rp 246,9 juta untuk transmisi manual, dan Rp 259,9 juta untuk transmisi otomatis.

KOMENTAR