Shell Tegaskan Pentingnya Pelumas Pada Kendaraan

Shell Tegaskan Pentingnya Pelumas Pada Kendaraan

Masih banyak yang tidak mengetahui pentingnya pelumas atau oli pada mesin kendaraan, yang ujung-ujungnya merugikan diri sendiri. Padahal jika berbicara di Indonesia terutama Jakarta yang terkenal macet, pelumas pada mesin akan bekerja lebih ekstra.

“Jika sedang kena macet, pelumas atau oli itu lebih stress, nah dalam keadaan ini, pelumasnya harus yang berkualitas,” kata Shofwatuzzaki selaku Shell Lubricants Techical Advisor Indonesia saat menggelar media workshop di Jakarta pada Selasa (1/8) lalu.

Shell Indonesia

Fungsi pelumas antara lain memudahkan pergerakan mesin, mengurangi gesekan dan keausan, dan membantu penghematan energi agar efisiensi bahan bakar. Kemudian pelumas yang baik membantu menjaga kebersihan komponen mesin. Selain itu juga mendingingkan, yaitu pelumas yang bergerak di sekitar mesin akan mentransferkan panas dari tempat yang panas seperti undercrown piston.

“Bagaimana cara menentukan pemilihan pelumas yang tepat? Pertama, harus mengetahui spesifikasi pelumas mesin itu sendiri, biasanya ini terdapat di manual book pada kendaraan masing-masing. Bisa juga dari kondisi jalanan yang biasa dilalui, misalnya sering jalan jauh atau sering kena macet,” lanjutnya.

Pria yang akrab disapa Zaki juga menegaskan harus mengenal viskositas dari pelumas itu, spesifikasi kinerja, approval dari pabrikan kendaraan, hingga klaim teknologinya. “Pastikan juga 6R agar implementasi berjalan dengan benar, yaitu Right Product, Right Place, Right Time, Right Amount, Right Method, dan Right Competence,” katanya.

Jika menggunakan pelumas yang baik dan tepat, Zaki menjelaskan hal tersebut akan berdampak positif. “Penggunaan pelumas yang baik dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, dan juga memperpanjang umur komponen pada mesin itu sendiri. Selain itu juga menjawab tantangan energi, yaitu dapat menghemat bahan bakar,” tutup Zaki.

KOMENTAR