Satu-satunya Alfa Romeo 155 GTA Stradale Bakal Dilelang

Satu-satunya Alfa Romeo 155 GTA Stradale Bakal Dilelang

Punya mobil berstatus limited edition atau edisi terbatas mungkin merupakan kebanggaan bagi pemiliknya. Namun memiliki mobil yang hanya satu-satunya di dunia akan menjadi sangat bergengsi, yaitu Alfa Romeo 155 GTA Stradale yang bakal dilelang oleh Bonhams.

Sejarahnya, Alfa Romeo 155 GTA Stradale dibuat untuk merayakan kemenangan Alfa Romeo 155 versi balap di ajang DTM (Deutsche Tourenwagen Meisterschaft) di Jerman, Superturismo di Italia, dan Spanish maupun British Touring Car Championship.

Selain itu, mobil ini juga dibuat untuk bersaing dengan rival-rivalnya seperti BMW M3 dan Mercedes-Benz 190E 2.5-16. Namun proyek produksi mobil ini ternyata dibatalkan oleh pabrikan, dan hasilnya hanya 1 unit saja Alfa Romeo 155 GTA Stradale.

Alfa Romeo 155 GTA Stradale didesain oleh Sergio Limone (Abarth engineer) yang juga membuat Lancia 037. Mobil ini mengambil basis dari Alfa Romeo 155 Q4 yang dipadukan dengan Lancia Delta Integrale. Mesin yang disematkan dipersiapkan untuk kompetisi Group N, diikuti bodi yang lebih agresif, interior maupun suspensi yang di-upgrade.

Mobil satu-satunya ini sempat dipamerkan Bologna Motor Show, dan sempat menjadi safety car di ajang Italian Grand Prix-Monza tahun 1994. Setelah itu hanya disimpan, maupun berpindah tangan beberapa kali. Alfa Romeo 155 GTA Stradale ini diperkirakan terjual dengan harga 200.000 Euro (sekitar Rp 3,5 miliar).

KOMENTAR