Red Bull Racing Pakai Mesin Honda Mulai Musim 2019

Red Bull Racing Pakai Mesin Honda Mulai Musim 2019

Red Bull Racing mengumumkan akan menggunakan mesin Honda di ajang balap Formula 1 mulai musim 2019 mendatang. Pengumuman ini sekaligus mengakhiri kerjasamanya dengan pabrikan Renault selama 12 tahun, terhitung sejak tahun 2007 lalu.

Baik Red Bull Racing maupun Renault telah memenangi 4 kali gelar juara dunia Formula 1, namun hubungan keduanya mulai ‘asemmm’ sejak mereka selalu berada di belakang Mercedes. Beberapa tahun belakangan ini, yang juga disponsori Aston Martin, Red Bull juga mengganti nama mesin Renault menjadi Tag Heuer.

“Kerjasama dengan Honda ini merupakan langkah baru bagi Aston Martin Red Bull Racing. Tidak hanya memenangi setiap balapan, namun target kami adalah juara dunia,” kata Christian Horner selaku bos besar Red Bull Racing seperti dilansir carscoops.

Honda sendiri bukan pemain baru di ajang balap Formula 1. Honda merupakan pabrikan Jepang yang pertama mengikuti Formula 1, yang dimulai pada tahun 1964. Namun beberapa kali, Honda meninggalkan balap Formula 1, kemudian kembali lagi. Termasuk tahun 2015 lalu, yang kembali ke balap Formula 1 dan menyediakan mesin kepada McLaren.

Sejak tahun 2018, Honda tercatat men-supply mesin kepada Toro Rosso. “Kami percaya kerjasama dengan Toro Rosso dan Red Bull ini memungkinkan kami semakin mendekati target kemenangan dan juara,” kata Takahiro Hachigo dari pihak Honda.

KOMENTAR