Punya Honda Civic Type R FK8, Ini Modifikasi Awalnya

Punya Honda Civic Type R FK8, Ini Modifikasi Awalnya

Mobil dengan tampilan agresif dan berperforma tinggi seperti Honda Civic Type R generasi 5 bukan berarti tidak lepas dari modifikasi. Kali ini, ketua R Club Indonesia ingin berbagi informasi mengenai modifikasi awal yang paling ‘worthed’ untuk Civic Type R FK8.

“Menurut saya itu ganti velg dan ban. Standarnya kan diameter 20 inci, kalau saya justru turun ke 19 inci, dan teman-teman ada yang ke 18 inci. Karena dengan turun diameter, kita bisa pakai profil ban yang lebih tebal dan lebar,” buka Luckas Dwinanda selaku ketua R Club Indonesia.

Luckas mencontohkan roda standarnya Honda Civic Type R menggunakan ban berprofil 245/30R20, diganti menjadi 265/40R19. “Abis itu ganti per pakai lowering kit, tidak usah ganti shockbreaker ataupun menjadi coilover. Dengan begitu, handling lebih baik, dan tampilan jadi lebih keren sesuai selera,” bilangnya.

Kemudian untuk performa, Luckas menyarankan untuk mengganti downpipe. “Ganti yang bisa menahan panas, supaya hawa panas tidak ke mesin. Dengan ganti downpipe tanpa perlu setting ulang ECU, tenaga meningkat 15 WHP. Kalau mau ganti semua exhaust system sebenarnya terserah, karena modifikasi itu tidak ada batas. Tapi paling value for money adalah ganti downpipe,” ucap Luckas.

Modifikasi-modifikasi ini bukan berarti performa Honda Civic Type R tidak memuaskan. “Rata-rata pemiliknya itu memang hobi mobil. Jadi waktu dulu mobilnya belum datang, tapi velg aftermarket-nya sudah beli duluan hahaha. Jadi memang mereka ini car enthusiast, tidak pernah puas dengan kondisi standar,” tutupnya.

KOMENTAR