Prassetyo Hardja Siap Wakili Indonesia Di Ajang Gokart Internasional

Prassetyo Hardja Siap Wakili Indonesia Di Ajang Gokart Internasional

Prassetyo Hardja yang merupakan pegokart Tanah Air akan mewakili Indonesia di ajang X30 Asia Cup 2018 yang digelar di Sirkuit Sri Lanka Karting, Bandaragama, Sri Lanka pada Sabtu-Minggu (13-14 Januari) mendatang.

Prass yang baru berusia 16 tahun telah mengharumkan nama Indonesia di ajang Internasional, seperti gelar Juara Asia di ajang X30 Asia Cup kelas senior. Doi juga menjadi juara 1 beberapa putaran Rotax Max Challenge Asia di Malaysia. Makanya Prass mendapatkan tiket untuk tampil di Rotax Max Challenge Grand Final 2017 yang digelar di Portimao, Portugal pada November lalu.

Dalam perlombaan tersebut, Prass berhasil menduduki peringkat 20 besar dari total sebanyak 72 pegokart di seluruh dunia dan membawa Indonesia menduduki peringkat 39 di Kejuaraan Negara dari total 59 negara. Selain itu, Prass juga sudah berlaga di ajang IAME International Final 2017 di Le Mans, Perancis. Prass pun bisa menduduki peringkat 13 besar dari puluhan pegokart yang tampil.

“Saya sangat bersyukur atas apa yang telah berhasil saya raih di sepanjang tahun 2017. Hasil ini akan terus saya tingkatkan untuk bisa mencapai hasil yang lebih maksimal di tahun 2018. Harapan saya, dalam menghadapi balapan pertama di tahun baru ini, saya bisa memberikan yang terbaik, terutama untuk diri saya sendiri, orang tua, keluarga, teman-teman, dan seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Bagi Prass, balap akhir pekan nanti merupakan tantangan baru baginya, karena Sirkuit Sri Lanka Karting merupakan lintasan yang baru selesai dibangun. Bahkan, ajang X30 Asia Cup 2018 merupakan perhelatan internasional pertama yang digelar di sirkuit dengan jarak 1,2 km dan terdapat 15 tikungan per putarannya ini.

Nantinya, Prass akan turun di kelas senior yang memiliki spesifikasi gokart dengan mesin X30 berkapasitas 125 cc dengan karburator Tillotson. Usai mengikuti ajang X30 Asia Cup, Prass akan mengikuti satu musim penuh turnamen Rotax Asia Max Challenge Malaysia dan X30 Southeast Asia yang masing-masing terdiri dari enam putaran.

“Jadi di tahun ini, saya akan mengikuti 2 turnamen, yaitu Rotax Max Challenge Asia dan X30 Southeast Asia. Tentu saja saya telah siap menghadapi berbagai tantangan dan pelajaran yang akan saya dapat selama berlomba. Saya harap dukungan dari masyarakat Indonesia agar di akhir musim bisa mengibarkan bendera Indonesia di atas podium,” katanya.

KOMENTAR