Porsche Macan – The Entry Level

Porsche Macan – The Entry Level

BosMobil – Porsche kini memiliki entry level SUV yang bernama Macan. Macan juga seakan jadi pintu pembuka bagi mereka golongan berduit yang mau melangkah ke model-model Porsche lainnya. Tak heran kehadiran Porsche Macan disambut cukup antusias.

Jalan panjang harus dilalui para designer Porsche di Jerman sebelum Macan lahir. Kalau Anda berpikir apakah Macan seperti halnya nama lain Harimau di Indonesia? Anda tidak salah. Porsche Macan memang terinspirasi dari nama binatang buas yang kini mulai punah itu.

images

Jauh sebelum Macan diputuskan lahir, sebenarnya model ini menggunakan nama Cajun yang merupakan singkatan dari Cayenne Junior. Patut diakui karena Macan memang berukuran lebih compact dari Cayenne meski tak kalah buas dengan "sang kakak". Untuk pasar Indonesia sendiri Porsche menghadrikan Macam dalam tiga trim level, yakni Macan, macan S, dan Macan Turbo. Tapi kali ini yang kami uji coba Porsche Macan sebagai varian terendah yang dimasukkan melalui Autobless selaku dealer mobil CBU di Jakarta Utara.

images

images

Secara dimensi, Porsche Macan memiliki panjang 4.681mm, lebar 1.923mm, tinggi 1.624mm, dan jarak sumbu roda 2.807mm. Ukuran tubuh proprsional ini menurut kami sangat pas untuk penggunaan di kota-kota besar macam Jakarta. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu rendah, jadi tak khawatir kala harus melalui jalan-jalan di beberapa sudut kota yang terkadang tidak semulus jalan protokol.

imagesSebagai varian paling rendah, ia cuma diperkuat mesin 2.0-liter biturbo berkekuatan 237 hp pada 5.000-6.800 rpm dengan torsi puncak 350 Nm sejak putaran 1.500-4.500 rpm. Bandingkan dengan Macan S dan Macan Turbo yang masing-masing punya tenaga 340 hp dan 400 hp dari mesin 3.0-liter V6. Tapi bukan berarti Macan tipe ini tidak asyik dikemudikan, bahkan (lagi-lagi) menurut kami tenaganya paling rasional untuk penggunaan sehari-hari.

Sistem transmisi 7 percepatan berteknologi Porsche Doppelkupplungsgetriebe (PDK) kopling ganda terbukti mampu memberikan perpindahan gigi yang lembut tapi tetap gesit. Akselerasinya mudah didapat apalagi tatkala mode Sport Plus diaktifkan. Namun ketika mode agresif ini diaktifkan pun kami merasa kaki-kakinya masih terbilang nyaman tanpa perlu takut kehilangan asyiknya berkendara.

images

Melakukan perjalanan jauh dengan Macan juga kami bayangkan akan sangat menyenangkan. Sejumlah fitur pemanja tubuh penumpang sudah tersedia, mulai dari Porsche Car Connect yang bisa melakukan konektifitas dengan berbagai perangkat mobile Anda, audio system yang sudah di support Bose Surround sound, sampai panoramic roof yang membuat pandangan ke langit bisa leluasa.

images

Usah takut ketika Anda harus menemui jalan yang hanya berupa medan tanah atau kerikil dan batu, karena Porsche Macan juga sudah dilengkapi dengan Offroad Button. Jika fitur ini diaktifkan maka sistem komputerisasi akan mengatur agar ketinggian mobil bertambah sehingga aman melintasi beraneka ragam jenis kondisi jalan. Anda pun bisa dengan bebas menelusuri puncak bukit atau bibir pantai dan mengeluarkan segala macam barang bawaan Anda yang tersimpan dalam bagasi yang kapasitasnya mencapai 1.500 liter.

images

images

Lantas berapa harga yang harus ditebus untuk Macan versi terendah itu? Autobless menghargainya Rp 1,525 miliar on the road Jakarta. Pembeli dibebaskan untuk melakukan personalisasi baik interior atau aksesoris lainnya namun dengan penyesuaian harga. Dan model ini juga mendapatkan garansi langsung dari APM Porsche di Indonesia.

images

Cukup worth to buy untuk Anda yang mencari SUV modern dengan beragam fitur namun masih ingin "aman" dipakai sehari-hari dan Anda yang mau mencicipi Porsche sebelum beralih ke model-model Porsche lain.

Thanks To :

AutoBless – Bursa Otomotif Sunter – Blok A1 No. 12
Jl. Yos Sudarso Kav 87-88, Jakarta Utara 14350.

teks/foto : Pras / Stanly

KOMENTAR