Modifikasi Toyota Yaris : Berambisi Untuk Tembus Target

Modifikasi Toyota Yaris : Berambisi Untuk Tembus Target

Jakarta, BosMobil.com – Memang kalau orang sudah dasarnya punya hobi untuk ngebut pastinya ingin memiliki mobil yang mumpuni untuk meluapkan hasratnya. Apalagi jika mobilnya yang dirasa kurang bertenaga, ada saja pastinya pikiran untuk membuat lebih joss.

Ya kawan kita yang bernama Bryan Malik ini sudah dari dulu berpartisipasi di dunia drag race, dulunya doski menggunakan Suzuki SX4 yang juga aliran modifikasinya dicampur dengan ‘ceper’, catatan waktu terbaiknya yaitu 17,7 detik di Sentul. Karena suatu hal, akhirnya Bryan harus mengganti mobilnya tersebut dengan Toyota Yaris.

Toyota Yaris Modifikasi

Namun kali ini, Bryan memang mengkhususkan Yaris-nya dengan modifikasi di sektor mesin. “Fokusnya ke mesin, karena beli mobil ini memang niat ikut balap drag race, tapi tetap bisa dipakai untuk sehari-hari. Target Yaris gue ini bisa tembus ke 15 detik,” ungkapnya.

Toyota Yaris Modifikasi

Mesin 1NZ-FE bertenaga kisaran 110 HP ini sebenarnya cukup untuk membopong mobil hatchback Toyota Yaris. Nah sebelumnya, Bryan pernah mencoba di arena drag race Sentul dalam keadaan mesin standar, hanya pergantian seputaran exhaust system. Best time yang dicetak sudah cukup fantastis, yaitu 16,4 detik.

Toyota Yaris Modifikasi

Tapi sepertinya kurang puas. “Ya masa mobil gue gitu-gitu aja, harus ada perubahan dong,” ungkap Bryan. Makanya Toyota Yaris-nya diajak ke bengkel untuk pembedahan seputar mesin. Oleh Firna Protechnik, cylinder head di-porting polish untuk melancarkan aliran bensin dan udara ke dalam ruang bakar. Tidak hanya itu, kompresi juga ditingkatkan melalui papas cylinder head sebesar 0,8 mm.

Toyota Yaris Modifikasi

Pastinya harus menyesuaikan untuk bagian lainnya. Supaya debit udara yang masuk lebih banyak, Bryan mengganti Throttle Body yang kali ini didonor dari Kijang Innova, diyakini ukurannya lebih besar. “Tidak ada custom sana sini, paling ganti selang vakum yang lebih besar, sisanya nyambung semua, karena sama-sama Toyota,” ungkapnya.

Toyota Yaris Modifikasi

Bagian exhaust system juga diganti untuk melancarkan pembuangan. Bryan mempercayai produk ORD untuk mesin Toyota Yarisnya, mulai dari header berkonfigurasi 4-2-1, pipa-pipa sebesar 2 inci, serta tabung tengah dan belakang. Sebagai tuning akhir, ECU diatur ulang dengan menggunakan piggyback Dastek Unichip.

Toyota Yaris Modifikasi

Sementara kaki-kaki diperkuat agar mendapatkan traksi yang lebih baik. Enkei Tuning yang dibalut ban Achilles 123 dipercaya oleh Bryan selain juga membuat tampilan Yaris-nya lebih oke. Kemudian suspensi bawaan juga digusur oleh coilover STD.

Toyota Yaris Modifikasi

Masuk ke interior hanya sedikit ubahan yang dilakukan Bryan. Untuk mendukung alirannya, Yaris-nya hanya dihiasi oleh jok depan Bride, lingkar kemudi 3-spoke, tachometer Pivot Gekko, dan yang terakhir adalah mencopot jok belakang supaya bobot lebih enteng.

Toyota Yaris Modifikasi

“Pas di-dyno, tenaga dapet 151 HP dan torsi 191 Nm, itu di putaran mesin kisaran 6.000 RPM,” jelasnya. Pastinya Bryan lebih percaya diri dengan Yaris-nya untuk tembus ke 15 detik, pasalnya dengan mesin standar serta ubahan di exhaust system bisa cetak 16,4 detik.

Toyota Yaris Modifikasi

Nyebur dong bos? “Ya gak apa-apa lah hehehe, yang penting tembus ke 15 detik. Pengennya sih ganti piston sama kem juga, sekalian standalone juga. Tapi masih nanti lah hehehe,” tutupnya.

Spec :
Engine : Porting-polish Cylinder Head + 3-angle Valve Job,ORD 4-2-1 Header, ORD Muffler, Custom 2” Piping, Kijang Innova Throttle Body, A’PEXi Open Air Filter, TRD Quick Shifter, Exedy Stage 2 Clutch, Dastek Unichip Q+ Piggyback & Dastek i-Drive.
Wheel & Suspension : Enkei Tuning SC10 15×6,5” Rims, Achilles 123 195/50R15 Tires, STD R1 Coilover Suspension, Beaks Lower Tie Bar, Cusco Front Strut Bar.
Interior : BRIDE Low Max & BRIDE Ergo Front Seats, Pivot Gekko Tachometer, Pivot Throttle Controller, TRD Shift Knob.

Tuned By : Firna Protechnik, Jakarta

Teks/foto : daniel

KOMENTAR