Modifikasi Toyota Innova SQL : Raih National Champion 2014

Modifikasi Toyota Innova SQL : Raih National Champion 2014

Bali, Bosmobil.com – Meracik tatanan suara yang apik dalam ranah Sound Quality Loud (SQL) pada mobil Toyota Innova garapan gerai STC Bali memang mengagumkan, pasalnya beragam tropy telah diraih dalam kancah kompetisi nasional pada tahun 2014, salah satunya gelar nasional champion pada perhelatan Bosmobil MSF 2014.

“tantangan di dalam membangun sistem audio pada mobil Toyota Innova adalah penempatan aki dan ruang bagasi, namun hal itu sudah saya optimalkan dengan posisi yang mumpuni, alhasil suara-nya maksimal dan gebukan dB-nya kencang.’, buka Heri selaku eksekutor mobil.

images

Atur Suara Dengan DSP

Sementara untuk menghadirkan suara yang apik, mobil Toyota Innova bisa mengaplikasikan dua konsep, yaitu SQ dan SQL, hal ini diatur dalam fasilitas prosessor eksternal.”semua suara bisa diatur melalui prosessor eksternal, jadi pemilik mobil bisa menikmati dua konsep yang diinginkan,baik konsep SQ dengan menikmati suara di posisi kemudi, maupun SQL dari belakang mobil ketika sedang show off.”, ujar pria asal Bali.

images

Pakai Source High End

Lalu, sentralitas suara menggunakan Clarion HX-D2, sehingga suara yang tersebur menjadi ciamik, dampaknya poin penilaian suara dapat terdongkrak maksimal.”head unit ini memiliki suara yang khas dan clear, sehingga dalam mendapatkan poin tonal suara bisa meningkat signifikan.”, papar Heri.

images

Treatment Speaker

Sementara, pada sektor penambahan sepaker dilakukan beragam langkah agar suara bisa mumpuni, yaitu pada speaker depan menggunakan 2 way sistem dengan membuat dudukan custom.”penempatan tweeter di pilar A saya buat sejajar dengan mata pengemudi, hal ini agar suara yang tersembur sejajar dengan mata. Lalu untuk midbass disematkan pada pintu depan mobil dengan mem-bobok, supaya suaranya bersih di pertemuan midbass dan tweeter.”, cetus Heri.

images

Kemudian untuk speaker belakang dibuat dengan posisi sejajar sebanyak 2 set, alhasil suara terdengar rapih dan presisi.”sengaja dibuat posisinya sejajar, sehingga rambatan suara menjadi baik dan tepat ketika mendengar-nya dengan posisi di belakang mobil.”, jelas Heri.

images

Gunakan Subwoofer Dua Magnet

Mengejar poin yang tinggi dalam ranah SQL tentu besarnya desibel (dB) yang tersembur dari subwoofer perlu perlakuan khusus, sehingga installer menerapkan 2 unit subwoofer double magnet. Serta treatment yang kreatif dilakoni dengan menyumpal port (lubang) dengan busa, sehingga dalam penilaian suara bass-nya tidak terlalu ‘kotor’.”keunggulannya subwoofer ini tidak memerlukan daya yang terlalu besar jadi volume boks saya buat hanya 3 kubik untuk dua subwoofer.”, ucapnya.

images

images

Tingkatkan Kelistrikan

Dengan banyaknya speaker yang tersemat didalam mobil Toyota Innova asumsi daya diperhitungkan agar suplay tenaga bisa tepat mulai dari hulu hingga hilir, sehingga performa yang didapat sesuai konsep yang terusung dengan mengaplikasikan 5 unit amplifier ditambah dinamo amper.”dua unit power monoblok untuk sokong subwoofer, dua unit power 4 channel untuk speaker belakang dan satu unit power 4 channel untuk speaker depan. Nah, dinamo amper sangat membantu kualitas suara baik untuk performa akurasi suara maupun mendongkrak besarnya dB.”, ungkapnya lagi.

images

“special thank’s untuk tim Vox, Pak Maslim, temen setia Toyota Innova yang selalu berjuang bareng dan Ani yang selalu mendukung saya hingga prestasi yang telah di raih pada tahun 2014.”, tutupnya.

Spesifikasi : head unit : Clarion HX-D2, prosessor eksternal :Vox pro Six, speaker :Vox pro series (2 set),Vox AMT 3 (2 set), Vox SDT 2, subwoofer :Vox, power amplifier : Vox 4000D (2 pcs),Vox VK 4.100 (2 pcs), Vox VRA 80.4, kabel-kabel : Vox, Aki :Kinetic

By 7

KOMENTAR