Modifikasi Toyota Avanza SQL : Bisa Membawa Suasana

Sumut, BosMobil.com – Pria asal Rantau Prapat, Sumatera Utara, yang akrab di sapa Bang Sudung tak mau menghilangkan jati dirinya sebagai pengusaha Billiard ketika membangun sebuah mobil audio bergenre Sound Quality Loud (SQL). Ornamen bola, stick Billiard sengaja saya letakan sebagai penghias, karena saya pengusaha Billiard, bukanya.

images

Bisa Terbawa Suasana

Kembali ke topik utama, yaitu audio. Nah, urusan installasi dan penataan suara di Toyota Avanza miliknya, Sudung menyerahkan pada tangan dingin Ayang Tata, Installer dari workshop Tata Mobil. Saya suka terbawa suasana ketika mendengankan lagu dengan sistem audio di mobilnya, baik didengar dari dalam kabin atau pun didegan dari luar, ujar Bang Sudung.

images

Menurut Bang sudung emosi dari lagu atau penyanyi totalitas terdengar ditelinganya. Saat mendengar lagu mellow dirinya ikut terbawa suasanya, begitupun saat memutar lagu nge-beat, seolah mengajaknya bergoyang.

images

Sebagai bonus, Ayang Tata tak hanya membuat mobil sesuai selara Bang Sudung, tapi mobil ini juga kompetitif. Toyota Avanza inipun kerap menjuarai kejuaraan SQL di kontes EASCA. Baik penilaian suara hingga nilai desibel, mencatatkan hasil yang baik.

Dual Sistem SQ Bisa SQL Apalagi

Dalam meracik Toyota Avanza ini Ayang Tata membuatnya dengan dua sistem yaitu Sound Quality (SQ) untuk didengar lebih nyaman dari dalam kabin dan SQL buat didengar dari luar sekaligus kontes. Untuk membedakannya saya bedakan setingan-nya melalui memori yang tersimpan di processor, ucap Ayang Tata.

images

Sebelum menjerumuskan perangkat kedalam kabin, sang installer melakukan peredaman hingga tiga lapis dihampir seluruh bagian mobil, dengan tujuan membuat mobil rigid dan kedap. Lanjut pada pemasangan head unit, sebagai sumber utama dipilih head unit dengan layar besar alias double din.

images

Sleep Midrange

Untuk menghasilkan suara SQ yang optimal dipasang speaker depan dengan formasi 3 Way. Uniknya angle midrange menghadap ke atas atau istilah audio-nya sleep midrange. Posisi ini ditujukan untuk menghasilkan dimensi panggung yang lebar.

images

Tiga Set 2 Way Hingga 2 Sub Dengan Boks Port

Tiga Set 2 Way hingga 2 Subwoofer yang dibalut boks model Aero Port menjadi daya tarik sekaligus kunci sukses meraih kemenangan di kontes. Tiga Set 2 Way ditambah lagi 2 buah tweeter sehingga tweeter berjumlah 8 bertujuan untuk mendongrak frekuesi tengah dah tinggi, ucap Ayang Tata.

images

Dua buah subwoofer terbenam indah disebuah boks dengan model Aero port, boks model ini adalah yang terbaik untuk menopang subwoofer Vox triple magnet. Selain dapat menghasilkan low frekuensi dahsyat, juga dapat menghasilkan dB yang tinggi, jelas Ayang Tata. Nah, urasan mengoptimalkan driver, baik speaker maupun subwoofer Ayang Tata mengandalkan 4 unit power.

images

images

images

Spesifikasi : Head unit Clarion, 3way sdt3. 2bh power Vox vk100.s mkii. 2bh mono block Vox 2500D. 2bh Vox Commander. 2bh kapasitor vox. 3set speaker 2way Vox Altitude. Kabel2 full Altitude, 2set power 4ch. Vox Altitude AL80.4, Processor Vox VXP8 + remote controler.

Teks/Foto : 5

KOMENTAR