Modifikasi Pajero Sport SQ : Sesuai Aturan, Hasilkan Juara

Modifikasi Pajero Sport SQ : Sesuai Aturan, Hasilkan Juara

Jakarta, BosMobil.com – Hidup ada baiknya sesuai dengan aturan, begitu juga dalam menata sebuah sistem audio didalam sebuah mobil. Memang tidak gampang meng-aplikasikannya, seperti yang dilakukan Johny, installer dari workshop Mega Audio ketika membangun Pajero Sport bergenre sound quality (SQ).

“Kendala yang dialami adalah bagaimana menyisati pembuatan pilar sampai sedemikian rupa hingga tidak melebihi 4 cm dari jarak kaca sesuai peraturan EMMA. Selain itu, bagasi harus tetap berfungsi mengangkut barang, walaupun menggunakan banyak perangkat seperti power dan subwoofer, buka pria bernama lengkap Johny Chandra.

images

Alhasil berkat taat terhadap aturan, perdana ikut kontes, mobil milik Yusuf ini langsung mendapat juara 1 dikelas Advanced Unlimited, EMMA QR pekan lalu. Salain itu, hal yang menentukan adalah sklii Johny ketika melakukan tuning, “Saya kejar tuningan untuk mendapat detail suara yang bagus, dan megah, serta tata panggung yang baik, jelasnya.

images

Kekedapan Maksimal

Dalam sebuah sistem SQ, peredam adalah hal yang sangat penting, fungsinya membuat mobil semakin rigid dan membuat kabin semakin kedap agar suara dapat terdengar maksimal. “Dalam peredaman dilakukan di seluruh kabin mobil termasuk firewall dibelakang dashboard dan plafond atas, ujar Johny. Sementara untuk mensiasati akustik ruang pada Pajero Sport, bahan dari vynil disusupkan agar suara high melaju sempurna dan tidak tertahan.

images

Pakai Dua Head Unit

Setiap perangkat audio membawa karekternya masing – masing yang berdapak terhadap hasil suara, tak terkecuali head unit. Nah, hal menarik disajikan Yusuf dan Johny agar sistem audionya memiliki dua karakter, yaitu menggunakan dua head unit sekaligus, yaitu ODR RS-P7XII dan Denon DCT-1.

images

Kedua head unit ini langsung disambut hangat dengan processor ODR RS-P99X untuk mengolah suara sebagai penentu arah tuning.

Treatment Speaker Depan

Speaker tak akan mengeluarkan segenap kemampuanya bila hanya dipasang apa adanya. Untuk itu installer berkacamata ini mengandalkan sejumlah bahan tambahan dan sentuhan khusus, “untuk dudukan tweetert dan midrange pada pilar “A’ dibuatkan ring alumunium supaya solid dan didalam pilar dicor dengan resin dan fiber supaya rigid, jelas Johny.

images

Sedangkan untuk midbass yang terbenam di doortrim, Johny membuatkan dudukan dengan allumunium yang tebal, kemudian angle midbass diarahkan ke atas agar suara bisa naik ke dashboard.

images

Tiga Lankah Jitu Untuk Subwoofer

Untuk mendapatkan frekuensi low bass sesuai yang diinginkan, Johny menrapkan tiga langkah jitu, agar subwoofer makin dahsyat. “Yang pertama boks subwoofer sendiri dibuat dari papan MDF 25 mm, kemudian boks dicor dengan resin, dan yang terakhir bagian belakang boks dilapisi diffuser, ungkap Installer yang bermarkas di Green Garden, Jakbar.

images

Pakai Tiga Power Dan Tambahan Accu

Soal mengoptimalkan speaker dan subwoofer dari sisi asupan daya, dipakai tiga Power. “Power yang digunakan dua unit Brax Matrix Mx 4, yang satu untuk mendrive tweeter dan mid range, dan satu lagi untuk midbass. Pada subwoofer didrive dengan power Steg K2-04.

images

images

“Selain itu, dipakai accu tambahan dibelakang dan capacitor bank Brax untuk menjamin supply power yang maksimal, tutup Johny.

images

images

Spesifikasi Audio : Head unit ODR RS-P7XII dan Denon DCT-1, Processor ODR RS-P99X, Tweeter ZR Saturn, Midrange ZR Planar, Midbass FA1, Subwoofer FA1 12 inchi,Power 2 Unit Brax Matrix MX4, Power Steg K2-04, Accu Tambahan Batcap X4000, Capacitor Bank Brax, Peredam STP. Powered By : Mega Audio.

By : Riyan

KOMENTAR