Modifikasi Honda Civic SiR : Tampang Standar, Tenaga Sangar

Modifikasi Honda Civic SiR : Tampang Standar, Tenaga Sangar

BosMobil.com – Sepintas, bagi orang-orang yang kurang paham betul akan mobil yang satu ini pasti akan mengira jika sedan Jepang ini adalah Honda Civic Ferio lokal dan standaran. Namun kalau diperhatikan baik-baik setiap detil tubuhnya, pasti akan terdeteksi jika Honda Civic ini bukanlah seperti kebanyakan Honda Civic yang ada di Tanah Air. Tengok saja sektor atapnya yang sudah diberkahi sunroof asli bawaan pabrik dan juga bumper depan-belakangnya yang memiliki karet di setiap sikunya.

images

images

Ya, inilah Honda Civic SiR yang dibeli Uwi Titaley langsung dari Singapura sejak sekitar tahun 2000 yang lalu. Secara fisik, eksterior Honda Civic SiR yang belakangan diketahui keluaran tahun 1995 ini memang tak banyak mengalami perombakan ataupun modifikasi. Hal ini sengaja dilakukan oleh Uwi demi mempertahankan originalitas Honda Civic SiR ini dan juga supaya tampang Honda Civic SiR ini tidak terlalu mencolok tapi tetap artistik.

images

images

“Gw ini seniman mas. Gw suka sesuatu yang gak terlalu mencolok, tapi tetap artistik. Kalo kata temen gw sih, Civic gw ini tema modifikasinya katanya model Sleeper. Jadi mobilnya terlihat biasa aja, tapi jangan coba-coba di gas. Hehehehehe……….,” canda Uwi.

images

images

Namun sebagai pemanis, Uwi hanya mengganti bohlam lampu utama dengan bohlam HID (High Intensity Discharge) dan juga menyematkan towing hook aluminium dibawah bumper belakang yang berguna saat Honda Civic SiR ini akan diangkut dengan truk towing.

images

images

images

Berlanjut ke sektor mesin. Sejatinya, Honda Civic SiR memang sudah dibekali mesin 4 silinder segaris 1.600 cc bertipe B16A2 yang sanggup meletupkan tenaga sebesar 160 hp pada 8.000 rpm. Tapi untuk di Honda Civic SiR berkelir biru ini, Uwi sudah menggantinya dengan mesin 4 silinder segaris bertipe B20 yang dikombinasikan dengan head cylinder bertipe B18 VTEC DOHC, yang sanggup mendongkrak putaran mesin bawah dan juga top speed.

images

images

“Jadi waktu pertama gw beli, Civic ini masih pake mesin aslinya yaitu B16A2. Tapi akhirnya gw ganti pake blok B20 dan kepala silindernya B18 VTEC biasa, bukan yang B18C. Karena kalo kata montir gw, gak bagus kalo bloknya pake B20 terus head cylinder-nya pake B18C. Jadi kombinasi blok B20 dan kepala silinder B18 ini, akselerasi bawah dan top speed-nya dapet semua mas,” ungkap Uwi, yang juga terdeteksi sebagai pemilik DreamInk Tattoo Studio.

images

images

Lalu sebagai penunjang, Uwi mengaplikasikan open filter berlabel Hurricane, tabung D1 Spec, MSD tipe PN 8207, header knalpotnya custom, center pipe Spoon, dan muffler yang juga bermerk Spoon. Menurut pengakuan Uwi, dirinya pernah menggeber Honda Civic SiR bertransmisi otomatis ini hingga jarum speedometer putus atau bisa dibilang lebih dari 220 kpj. Wow…!

images

images

Lantas setelah performa mesin sudah didapatkan sesuai keinginan Uwi, maka tak afdol rasanya jika sisi kaki-kaki tak ikutan dipermak demi mendapatkan kestabilan saat kecepatan tinggi. Untuk sistem suspensinya, Uwi merasa lebih cocok menggunakan suspensi orisinil Honda Civic SiR yang terasa empuk namun tidak bikin limbung saat menikung. Tapi supaya kaki-kaki Honda Civic SiR ini makin rigid, Uwi mengganti semua swing arm standar dengan swing arm milik Honda Civic Type R. Setelah itu, Uwi masih menambahkan tie bar dan sway bar berlabel Beaks, dan juga subframe buatan ASR pada roda belakang.

images

images

Nah…supaya makin cihuy, kaki-kaki Honda Civic SiR ini selanjutnya dialasi dengan velg K Speed berdiameter 17 inci dan dibalut ban Accelera berukuran 17×2015-45. Uwi sengaja mengadopsikan velg berdiameter besar seperti ini karna dirinya merasa ukuran ini terasa lebih stabil saat Honda Civic SiR ini dibejek pada kecepatan tinggi.

images

“Kalo velg, gw sengaja pake velg K Speed ukuran 17 inci karena lebih stabil pas lagi di kecepatan tinggi. Tadinya gw mau pake velgnya Civic Type R yang sama-sama 17 inci juga. Tapi sayangnya lubang bautnya beda. Gw harus tambahin spacer, dan itu gw gak mau karena kurang aman,” papar Uwi saat diwawancarai tim BosMobil.com.

images

images

Terakhir sektor interior. Pada bagian ini, Uwi juga lebih suka standar demi menyesuaikan gaya modifikasi ala Sleeper yang dianutnya. Jadi wajar saja jika jok, dashboard, doortrim, dan setir kemudi masih dibiarkan standar. Tapi untuk kenyamanan saat didalam kabin, Uwi mengganti pelapis joknya dengan bahan pelapis berbahan mirip suede berwarna hitam yang tidak bikin punggung berkeringat dan peredam kabin buatan 3M yang merentang dari firewall, dek, hingga bagasi.

images

images

“Untuk joknya gw sengaja pake pelapis jok dari mobil lain, karena warnanya cakep dan bahannya yang kayak suede tapi bulunya gak panjang-panjang dan gak bikin gerah,” tutup Uwi yang hobby menggambar ini.

images

Spec :

Engine : B20 block cylinder, B18 VTEC DOHC head cylinder, customized exhaust manifold, Spoon center pipe, Spoon muffler, D1 Spec oil catch tank, MSD coil, Hurricane open filter, Greddy radiator.

Wheel & Suspension : K Speed 17×7 inch rims, Accelera 17×2015-45 inch tires, Honda Civic Type R swing arm, Beaks tiebar, Beaks sway bar, ASR subframe.

Eksterior & Interior : HID headlamps, Aluminium towing hook, Customized seat upholstery, 3M car interior insulator.

KOMENTAR