Honda Civic (FD1) : Mix And Match

Honda Civic (FD1) : Mix And Match

Ada beberapa pemahaman dalam hal memodifikasi suatu mobil, misalnya ingin mengoleksi piala yang artinya mengikuti suatu kontes ataupun ajang balap, atau menarik perhatian orang, dan sebagainya. Tapi kawan kita Oki Surya ini berbeda saat diterpakan ke Honda Civic FD1-nya.

Honda Civic FD1

Eksterior dari Honda Civic-nya memang berpenampilan racing kombinasi karbon, namun bemper, fender, kap mesin dan lainnya berasal dari beragam tuner. “Modifikasi itu bagaimana gue menyukai atau melihat mobil ini, bukan orang lain,” buka Oki dengan tegas.

Honda Civic FD1

Mulai dari body kit yang menggunakan model Civic Type R FK2R, diikuti fender dari Feel’s, dan kap mesin J’s Racing. Wew… “Feel’s gue suka fender-nya, tapi tidak dengan bodykit-nya. Jadi disini gue matching-kan saja. Lalu untuk kap mesin pakai J’s Racing karena tampilannya lebih gahar,” jelas pria yang bermukim di Jakarta Selatan ini.

Honda Civic FD1

Hal demikian juga terjadi pada wing-nya, karena sebelumnya sempat menggunakan lansiran Feel’s. “Tapi terlalu wide, jadi ganti lagi,” tuturnya. Secara keseluruhan, Honda Civic ini berkelir ungu. “Sudah warna ke-5, sebelumnya sempat biru dan merah. Ini gue pakai stiker, karena easy to use, kalau cat kan butuh berbulan-bulan. Tapi secara kualitas memang tidak bisa dibandingkan,” bilang Oki.

Honda Civic FD1

Menunjang tampilan eksteriornya, Oki menyematkan velg Volk Racing CE28 berdiameter 18 inci. “Kayaknya udah jodoh banget sama CE28, dan warna bronze-nya itu gue suka. Tapi karena Honda Civic ini gue pakai sebagai mobilitas gue, makanya tidak dibuat pendek karena repot. Kecuali kalau mau ikut kontes, tinggal ganti ke coilover dan disetel pendek,” jujur pria yang bekerja di perusahaan swasta ini.

Honda Civic FD1

Jika diluar berpenampilan racing, namun Honda Civic sedan ini tidak sepenuhnya menerapkan racing ke dalam interiornya. Saat masuk ke kabin telah disematkan jok sepasang Civic Type R, yang di bagian pengemudi dibekali seatbelt TAKATA 4-point, serta panel karbon diikuti indikator tambahan.

Honda Civic FD1

Tidak ada panel yang dilepas ataupun penambahan rollbar. “Seperti yang gue bilang tadi, Civic ini gue pakai untuk mobilitas gue, jadi modifikasi mobil untuk kenyamanan gue. Yang penting masih nyaman, dan tidak mengubah fungsi mobil gue ini,” jelas pria berusia 25 tahun ini.

Honda Civic FD1

Mendukung tema yang diusung, Oki juga melakukan perubahan pada mesin berkode R18A dari Honda Civic yang standarnya bertenaga kisaran 140 HP. Di internalnya, camshaft memakai lansiran Skunk2 yang tentunya memiliki durasi lebih tinggi.

Honda Civic FD1

Kemudian exhaust system secara keseluruhan sudah diganti untuk melancarkan gas buang. Tidak lupa juga Oki mengoptimalkan seluruh ubahan di mesin Civic-nya melalui pemasangan piggyback. “Tenaga bertambah, akselerasi jauh lebih enak, tapi gak ekstrim lah,” tutur Oki.

Honda Civic FD1

Oki tetap bisa menikmati berkendara dengan Honda Civic-nya untuk sehari-hari. “Pengen ganti ke mesin K Series, udah minta tolong sama temen untuk cariin mesin, antara dari Integra DC5 atau Civic FD2R. Selain tenaganya besar, gue suka banget kalau buka kap mesin dan isinya K Series,” tutupnya.

Spec :
Civic FK2R Carbon Kevlar Front-Lips Bumper, Civic FK2R Plastic PP Taiwan Rear Bumper-Side Skirt, Feel’s Carbon Kevlar Fender, Feel’s Carbon Kevlar Side Visor, Mugen Carbon Kevlar Grille, Mugen Window Visor, Mugen Plastic PP Taiwan Roof Spoiler, Mugen Honda Red Emblem, J’s Racing Carbon Kevlar Engine Hood, J’s Racing Carbon Kevlar Rear Wing, Custom Carbon Kevlar Trunk, Custom Carbon Kevlar Side Mirror, Eagle Eyes Headlamp & Stoplamp, Purple Metallic Body Wrap, Volk Racing CE28 18×8” Wheels, Achilles 225/45 Tires, Koni SR Series Shockbreaker, Brembo Front Brakepad & Disc Rotor, Civic Type R Black on Black Front Seat, MBtech Rear Seat Upholstery, TAKATA 4-point Harness, Custom Red Carbon Panel, Defi Gauges, Mugen Door Sill Plate, Mugen Pedal Set, Audio & Cruise Control Steering, Pioneer AVH-X8550BT Head Unit, Audison 3 Way Speaker, Audison Power Amp, 10” Kicker Subwoofer (2pcs), Grandeur Monoblock Power Amp, Flux RCA Cable, Automat Sound Deadening, Skunk2 Stage 2 Camshaft, Kansai Down & Center Pipe, Ironcraft Muffler, BMC Air Filter, Dastek Unichip Q+ Piggyback, Mugen Oil Cap, HKS Volt Stabilizer.

KOMENTAR