Modifikasi Honda Brio SQ : Inginkan Suara Jernih Dan Detil

Modifikasi Honda Brio SQ : Inginkan Suara Jernih Dan Detil

Jakarta, Bosmobil.com – Meracik sistem audio di dalam mobil Honda Brio merupakan tantangan yang sulit, pasalnya kabin mobil yang memiliki ruang terbatas wajib tersaji alunan suara yang baik dengan konsep Sound Quality (SQ).”kabin mobil Honda Brio ini kecil, sehingga dalam peletakan perangkat pendukung memang perlu desain khusus dalam proses instalasinya, sehingga suara yang dihasilkan bisa memenuhi keingin pemilik mobil.”, buka Johny selaku modifikator mobil Honda Brio.

Sementara, untuk settingan suara kuncinya dengan memilih power amplifier kelas A untuk mendrive masing-masing speaker, sehingga suara terdengar detil dan jernih.”hal ini untuk mendapatkan suara yang nyaman bagi pemilik mobil baik mendengarkan lagu mandarin ataupun audiophile yang tersaji dengan jernih dan detil.”. Imbuh Johny.

images

Body Mobil Kedap

Mnyiasati kabin mobil yang banyak muncul kebocoran suara, installer menyematkan peredam StP di beberapa sektor bagian mobil dengan jumlah beragam, hal ini membantu meningkatkan suara yang didengar.”saya gunakan sebanyak 3 lapis yaitu di seluruh body mobil, pintu, plafon dan firewall, sehingga kabin mobil menjadi kedap dan rigid.”. Imbuh pria berkacamata ini.

images

images

Suara Jadi Jernih

Sedangkan untuk menunjang hasil suara yang meningkat, head unit standard diganti dengan Alpine IVA-D800E, serta dikombinasikan dengan prosessor eksternal Alpine PXA H-800, sehingga kualitas suara meningkat drastis, serta panggung tertata apik.”suaranya makin detil dan jernih ketika head unit standard diganti, lalu fungsi prosessor eksternal untuk memaksimalkan tata suara yang baik, yaitu panggung megah maupun akurasi suara yang tepat.”. Ujar Johny.

images

images

Gunakan Bahan Fiber Dan Alumunium

Beralih ke sektor speaker pada mobil Honda Brio, disemayamkan 3 way Flux Reference dengan pembuatan custom untuk dudukannya. Uniknya penggunakan bahan pilar menggunakan fiber serta speaker di balut alumunium, hal ini membuat kinerja speaker makin maksimal dengan dudukan yang rigid dan kokoh.

images

“pilar A saya buat dari bahan fiber dengan back ring berbahan alumunium sehingga dudukan speaker menjadi rigid, sementara untuk midrange didalam boks-nya saya tambah peredam agar boks minim vibrasi (getaran). Hal itu saya lakukan juga dengan proses penyematan midbass di pintu depan mobil dan dikuatkan dengan resin dan kayu MDF serta di sematkan peredam, lalu dibelakang midbass dikasih difusser untuk menghilangkan back wave dari midbass.”. Papar Johny.

images

Dapatkan Karakter Bass Bersih

Memiliki ruang yang sempit di Honda Brio penempatan subwoofer Scanspeak 23W disiasati dengan membalut boks berjenis selaed yang bersemayam di buritan kabin mobil, selain volume boks-nya tidak terlalu besar, hasil suara bass-nya bisa bersih.”saya buat volumenya sebesar 22 liter, lalu memilih bahan MDF yang tebal dan dikuatkan dengan ring besi di sekeliling boks, sehingga karakter bass yang deep dan bersih bisa terdengar sempurna.”. Ucap Johny.

images

images

Sematkan 4 Power Amplifier

Meskipun ruang Honda Brio ini sempit, namun penempatan 4 unit power amplifier bisa tertata dengan rapih di kabin belakang untuk mensokong tenaga tiap speaker, yaitu menggunakan Mosconi A Class dan Mosconi Zero 3.”tiga unit Mosconi A Class untuk mensokong sepaker depan, sedangkan satu unit Mosconi Zero 3 untuk sokong subwoofer.”, cetus Johny.

images

images

Lalu, kelistrikan dijaga agar tetap stabil dengan menambahkan 4 unit Batcap X300.”saya gunkan di masing-masing power amplifier sebanyak satu unit, sehingga arus yang didapat tetap stabil.”, tutupnya.

images

Spesifikasi

Head unit: Alpine IVA-D800E, prosessor eksternal:Alpine PXA-H800, speaker : Flux Reference, subwoofer: Scanspeak 23W, power amplifier : Mosconi A Class ( 3 pcs), Mosconi Zero 3.capasitor bank: Batcap X300 ( 3pcs),peredam: StP,kabel-kabel: Flux dan Tchernov

Powered by Mega Audio, Jakarta

By 7

KOMENTAR