Modifikasi Daihatsu Ayla SQ :Siap Untuk Berbagai Kompetisi

Modifikasi Daihatsu Ayla SQ :Siap Untuk Berbagai Kompetisi

Jakarta, Bosmobil.com – Melakukan upgrade sistem pada mobil Daihatsu Ayla merupakan tantangan yang dihadapi Doni sebagai modifikator, pasalnya dengan ruang yang terbatas sistem yang ditata haruslah maksimal dengan konsep SQ (Sound Quality).”mobil ini memang dipersiapkan untuk mengikuti berbagai kompetisi, baik audio maupun modifikasi, sehingga kami memberikan hasil maksimal didalam kabin yang kecil seperti peletakkan ban serep dan power amplifier.”, buka Doni.

Banyak langkah yang dilakukan untuk menyiasatinya, yaitu memilih perangkat berukuran kecil namun memiliki kemampuan yang mumpuni.”kami menggunakan berbagai macam item yang ukurannya kecil, tapi hasilnya harus tetap maksimal dalam menyematkan sistem pendukungnya seperti speaker, subwoofer, power amplifier bahkan ban serep mobil, sehingga kami siap untuk turun di semua kompetisi audio dengan asosiasi yang berbeda.”, tambahnya.

images

Sementara, konsep suara yang terpapar nantinya haruslah alami.”karena alirannya SQ, jadi suara yang kami kejar adalah suara yang benar dan natural, bukan suara yang dibuat-buat sesuai selera kami. Contohnya, alat musik piano yang terdengar haruslah natural seperti yang terdengar secara ‘live’, bukan melalui recording.”, papar Doni.

images

Pilih Peredam Berbahan Alumunium

Memiliki mobil dengan bentuk yang mungil tentunya pemakaian peredam akan menambah berat mobil, namun hal itu diakali dengan pemilihan bahan alumunium yang tersemat full didalam mobil mulai dari plafon, lantai, pintu, dashboard dan panel-panel.”setiap bagian tersebut kami pasang satu lapis peredam alumunium. Bahan ini kami pilih karena bobotnya ringan, sehingga dengan mesin mobil yang memiliki CC kecil masih bisa ngacir. Tujuannya membuat mobil menjadi rigid dan tidak ada getaran terutama saat suara bass berbunyi, sehingga suara bisa terdengar lebih solid dan tidak cancel.”, cetus Doni.

images

Head Unit Include Prosessor

Mendongkrak kualitas suara dimulai dengan menggnati head unit standard dengan PioneerDEX- P99RS.”gue pilih ini karena sudah built-in prosessor didalamnya, selain simpel, source ini memiliki suara yang natural dan fitur yang lengkap pada bagian prosessor-nya.”, ungkap Doni.

images

2 Way Dengan Sudut Berbeda

Beralih soal menata speaker mobil Daihasu Ayla dengan memilih 2 way sistem, namun dalam proses instalasinya installer menata sudut yang berbeda agar mendapatkan suara panggung yang tertata presisi dan akurasi suara yang baik.”pilar A kami buat menghadap ke pengemudi atau on-axis, serta ukuran boksnya 0,5 liter, karena speaker ini tidak memerlukan ukuran boks yang besar. Sedangkan midbass gue buat off-axis dan dudukannya menggunakan ring alumunium serta dorrtrim di kasih tulang dari kayu, jadi dudukan midbass benar-benar rigid.”, Ujar Doni.

images

images

Boks Mungil, Bass Tetap Proporsional

Menambahkan satu unit subwoofer dengan terbatasnya ruang di bagasi mobil dipilih dengan pembuatan boks berjenis sealed, hal ini merupakan solusi jitu agar performa frekuensi rendah bisa mnyemburkan suara yang konstan.”kenapa gue pilih sealed untuk boks subwoofer?karena boks ini membutuhkan volume yang relatif kecil dibandingkan dengan jenis boks lainnya, sehingga masih ada ruang untuk meyematkan komponen lainnya di bagasi mobil.Sedangkan untuk volume boks gue buat sebesar 0,8 cu/ft.”, jelas Doni.

images

images

Pilih Power Amplifier Kelas H

Mengusung konsep yanng mungil pemilihan power amplifier juga dicari ukuran yang mini, yaitu dua unit amplifier berbeda kanal yang masuk kelas H dengan pembagian 4 channel untuk suplay speaker depan, sedangkan power monoblok untuk drive subwoofer.”kami menggunakan power amplifier kelas H karena membutuhkan daya yang kecil atau efisien sehingga dari bentuk dan ukurannya kecil, namun hasil suaranya tetap bagus dan bertenaga.”, tutupnya.

images

images

images

Spesifikasi : Speaker : Reverb Acoustic 2-Way (Fullrange+ Mid Bass ),Head Unit : Pioneer P99RS, Power : ARC 4Chnl – Mono ARC,Subwoofer : ARC 10inc

Powered by Duta Motor, Bekasi

By 7

KOMENTAR