Modifikasi Chevrolet Spin SQ : Maksimalkan Tuning

Modifikasi Chevrolet Spin SQ : Maksimalkan Tuning

Medan, Bosmobil.com – Meramu sajian hiburan yang mumpuni pada mobil Chevrolet Spin perlu proses yang panjang, tapi sikap Pe De (percaya diri) pemilik mobil menurunkan kontes SQ pada perhelatan MSF 2015 yang terselenggara di kota Medan, dan hasil kerja keras ini berhasil menuai prestasi juara tiga pada kelas SQ Rp.25 juta.

“kebetulan saya hanya dipanggil dari Pekan Baru ke Medan untuk tuning audio di mobil ini, lalu instalasinya sudah tepat kok, jadi tinggal buat suara yang optimal aja untuk taklukan CD EASCA sebagai acuan penilaian kontes.”, buka Kelvin selaku eksekutor mobil.
images
Kolaborasi dua installer berbeda kota menata suara yang apik didalam mobil Chevrolet Spin untuk menghadirkan suara yang tepat.”tantangan  di mobil ini adalah proses blending antara tweeter dan midrange yang berbeda merk, sehingga saya harus mati-matian mengoptimalkan tunning midrange, dan ke depan saya minta pemilik mobil mengganti midrange yang satu merk dengan tweeter dan midbass supaya hasil tunning makin maksimal.”, ujar pria berkacamata ini.
images
 

Full Peredam
Meskipun terlihat sepele, penambahan peredam aftermarket mempengaruhi hasil suara yang terdengar, sehingga untuk mendapatkan suara yang tepat penggunaan peredam disematkan di seluruh sektor interior mobil mulai dari lantai, pintu hingga plafon.”, untuk jumlahnya memang berbeda di tiap titik interior mobil.’, ungkap Kelvin.
images
 

Idamkan Hiburan Multimedia
Hal selanjutnya mengganti hed unit standard Chevrolet Spin dengan Sony XAV-741.”pemilik mobil ingin hiburan audio visual dengan peningkatan kualitas suara signifikan, jadi saya pilih lansiran dari Sony yang sudah lengkap fasilitas multimedia-nya.”, tutur Kelvin.
images
Namun, kualitas suara juga diperhitungkan, sehingga hal itu disajikan dengan menambah prosessor eksternal Vox VXP-8.” Penambahan unit ini untuk memaksimalkan setting, sehingga mendapatkan akurasi suara yang tepat serta tata panggung dan layering proporsional.”, tambahnya.

Sajikan 3 Way Sistem
Beralih ke reproduksi suara, langkah awal membenamkan speaker 3 way dengan membuat dudukan custom untuk tiap driver. Lalu arah penempatan dibuat simetris dan sudutnya disesuaikan dengan respon paling baik.
images
Sedangkan midbass dibenamkan pada pintu depan tanpa sentuhan treatment yang ekstrim.” Saya buat sederhana aja kok untuk pemasangan semua driver, tapi hasil suaranya mumpuni.”, ungkap Kelvin.
images
 

Maksimalkan Keterbatasan Boks Subwoofer
Sementara, untuk sektor kinerja frekuensi low disematkan satu unit subwoofer yang berbalut boks sealed dengan volume 0,5 cu/ft. Namun, proses instalasi yang kurang optimal menjadi tantangan untuk tunning suara yang tepat.” Menurut saya boks-nya kurang rigid dan volumenya kekecilan. Tapi keterbatasan itu saya maksimalkan ketika tunning agar bisa menghadirkan suara low yang baik.”, ujar Kelvin.
images
 

images

Sokong Tiga Power Amplifier
Nah, untuk sektor sokongan tenaga, dibenamkan tiga unit power amplifier dengan pembagian speaker mendapatkan jatah satu channel, sehingga tiap driver bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya karena didukung dengan suplay tenaga yang sesuai.
images

Spesifikasi : Head unit :Sony XAV-741, speaker: Gramond R2 (tweeter), Crescendo Opus 7 (midrange), Gramond R1 (midbass), Subwoofer : JBL GTO 10 inchi, power amplifier : Gramond GC-X ( 2 pcs), Alpine PDX 1000.1,  kabel RCA :Vermouth Black Pearl MK II, Vermouth Red Velvet MK II, Vermouth Black Curse, kabel speaker : Vermouth Serenade 1. Powered by Motif Audio Medan And Ice Audioworksop Pekan Baru

By Gunawan
 

KOMENTAR