Honda Civic Estilo (SR3) : Tepat Sasaran Seperti Rudal

Honda Civic Estilo (SR3) : Tepat Sasaran Seperti Rudal

Jakarta, BosMobil.com – Ada cerita unik di belakang modifikasi yang diterapkan pada Honda Civic Estilo ini. Selain keseluruhan bodi dihiasi corak khas tentara, Tomahawk menjadi julukan dari mobil hatchback ini. Tomahawk sendiri didefinisikan sebagai rudal kendali jarak jauh.

Nyatanya, pemilik Civic Estilo yang bernama Rian Risky Putrantio memang berprofesi sebagai Angkatan Laut, dan memberikannya sendiri julukan Tomahawk agar mobilnya bisa tepat sasaran saat berkompetisi di drag race. “Mobil ini selalu dapat juara di kelas 13 detik,” buka Apre dari AP Speed selaku tuner.

Honda Civic Estilo Tomahawk

“Tepat sasaran bisa juara terus, jadi spesifikasi mesin tidak seperti Civic Estilo Flash milik kakaknya yang main di kelas 12 detik,” sambungnya. Mesin yang menempel tetap kombinasi head cylinder B16A dan shortblock B20, namun bertahan di 2.000 cc. Internal mesin di-upgrade demi menghasilkan tenaga yang besar, seperti camshaft Skunk2, hingga piston SUPERTECH, yang akhirnya berkompresi 13,5:1.

Honda Civic Estilo Tomahawk

Karena modifikasi naturally aspirated (N/A), segala bagian harus menunjang untuk mengoptimalkan tenaga mesin. Pengapian dibuat lebih besar dari koil MSD Pro Power HVC serta ignition control dari MSD 7AL-2. Aliran bensin menjadi deras berkat fuelpump BOSCH 044, yang dilanjutkan ke injektor RC berukuran 310 cc. Gas buang dilancarkan dengan header custom berformasi 4-1.

Honda Civic Estilo Tomahawk

Honda Civic Estilo Tomahawk

Honda Civic Estilo Tomahawk

Supaya tepat sasaran, komputer untuk mengatur sistem mesin B-Series pada Honda Civic Estilo ini tetap mengandalkan ECU P28, yang ditambahkan piggyback. “Masih cukup pengaturannya untuk spesifikasi mesin seperti ini. Dengan target 13 detik, tidak perlu ganti yang mahal-mahal, lebih baik dialokasikan ke bagian lain saja,” jelasnya.

Honda Civic Estilo Tomahawk

Tenaga yang dihasilkan pada saat diukur di mesin dyno adalah 333 HP. Angka yang bagus? Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi limited slip differential, serta rasio yang disesuaikan dengan lintasan 402 meter. Memang khusus untuk mengikuti drag race, roda bagian depan menggunakan ban slick Mickey Thompson.

Honda Civic Estilo Tomahawk

Pengurangan berat mobil harus dilakukan. Namun untuk Civic Estilo milik Rian, tidak menjalankan ritual potong bodi maupun sasis yang membuat bobot menjadi enteng. Cukup melepas seluruh di bagian interior, pintu ganti bahan fiber, tangki custom yang lebih kecil, hingga bodi 1-piece di depan. “Bodi 1-piece agar terlihat lebih sangar hahaha,” canda Apre.

Honda Civic Estilo Tomahawk

Honda Civic Estilo Tomahawk

Best time yang pernah diraih Honda Civic Estilo ini adalah 12,6 detik. “Itu kalau cara bawanya ngotot. Kalau bawanya biasa, paling jeleknya 13,1 detik. Makanya di Drag Race Sentul seri 2 sampai 5 tahun 2014 ini, Civic Estilo Tomahawk selalu bawa pulang piala,” jelasnya yang juga menambahkan jika mobil ini tidak pernah mengalami engine failure.

Honda Civic Estilo Tomahawk

Selalu juara, jika dibuat Kejuaraan Nasional, setidaknya Estilo Tomahawk bisa menjadi juara umum. Naik kelas tahun depan, pak? “Tergantung yang punya saja, kalau mau naik kelas ya kami kerjakan. Tapi sudah ada mobil untuk 12 detik punya kakaknya, kan tinggal pinjam saja hehehe,” tutup Apre.

Spec :
B-Series 2.000 cc Engine (B16A+B20), SUPERTECH Pistons, Eagle Connecting Rods, ACL Engine Bearings, Skunk2 Pro 3 Camshaft, SUPERTECH Engine Valves, AEM Cam Gears, S90 Performance Throttle Body, Edelbrock Victor X Intake Manifold, Custom 4-1 Header, RC 310 cc Injectors, AEM Fuel Rail, BOSCH 044 Fuelpump, SARD Fuel Pressure Regulator, MSD Pro Power HVC Coils, MSD 7AL-2 Ignition Control, NGK Spark Plug Wires, NGK Iriway 8 Spark Plugs, P28 ECU, Dastek Unichip Piggyback, Limited Slip Differential Transmission w/ Custom Ratio, Ogura Racing Clutch, WELD Racing Wheel Rims, Mickey Thompson ET Drag Tires (front), M&H Racemaster Tires (rear), D2 Coilover Suspension, Sparco Seat, TAKATA Harness, AutoMeter Tachometer Gauge.

Tuned by : AP Speed, Jakarta Timur.

Teks/foto : 9

KOMENTAR