Daihatsu Sirion : Jangan Anggap Remeh Lagi Mobil Ini

Jakarta, BosMobil.com – Daihatsu Sirion merupakan mobil berjenis hatchback, yang menggunakan mesin berkode K3-VE berkapasitas 1.300 cc. Dibandingkan rival maupun diatasnya, banyak yang menganggap remeh kemampuan mesinnya jika digunakan untuk balap seperti drag race. Apalagi sangat sedikitnya ketersediaan performance parts untuk mobil dari pabrikan Jepang ini.

Meskipun demikian, 7 Wibisono tetap membeli Daihatsu Sirion. Saya cari-cari mobil yang jarang dipakai orang, tapi tetap berkompeten, katanya. Memilik hobi balap drag race saat kuliah, 7 berniat memodifikasi agar Sirion-nya bisa lebih cepat berakselerasi. Saya ingin membuktikan jika Sirion juga bisa dipakai balap drag race, sambung 7.

Modif Daihatsu Sirion 02

Tanya sana-sini, akhirnya 7 berkenalan workshop AP Speed yang cocok untuk modifikasi Daihatsu Sirion-nya. Awalnya mau NA, tapi perkiraan time-nya tidak seberapa. Jadi diputuskan untuk engine swap ke K3-VET, ungkapnya. K3-VET adalah mesin Diahatsu YRV yang dilengkapi turbo, dan dimensi mesinnya sama dengan Sirion. Makanya engine mounting dan wiring tidak ada yang berubah.

Modif Daihatsu Sirion 03

Internal mesin berikut turbo serta manifold-nya masih dibiarkan standar K3-VET, tetapi radiator harus diganti dengan yang lebih kecil, sebagai ruang untuk turbo. Sistem bahan bakar tetap andalkan bawaan K3-VET, namun intake manifold diganti yang lebih besar. Bawaannya berbahan plastik, tidak kuat kalau kena boost agak tinggi, jelas Apre.

Modif Daihatsu Sirion 04

Modif Daihatsu Sirion 05

Selanjutnya, pipa-pipa turbo maupun knalpot di-custom ulang menyesuaikan ruang mesin, serta intercooler yang besar. ECU bawaan Sirion masih digunakan, yang dimanupulasi melalui Dastek Unichip berikut untuk pengaturan turbo-nya. Demikian juga transmisi tetap milik Sirion, cukup plat kopling di-custom agar tidak ada gejalan selip. Dekrup masih bawaan, karena dipakai harian, lanjutnya.

Modif Daihatsu Sirion 07

Tenaga standar mesin K3-VET adalah kisaran 123 HP. Namun karena sudah ada beberapa yang diganti, oleh Apre boost-nya ditingkatkan menjadi 0,8 bar. Full boost sekitar 4.000 RPM, tenaganya 200 HP dan torsinya 230 Nm, jelas Apre. Pembuktian pun dilakukan sendiri di drag race Sentul. Ikut 3 seri juara terus di kelas 15 detik. Untuk best time-nya kalau gaspol bisa 14,9 detik, jujurnya.

Modif Daihatsu Sirion 08

“Puas. Saya ucapkan syukur kepada Tuhan Yesus dan juga keluarga, karena berkat mereka bisa jadi seperti ini, ungkap 7. Mau riset lagi, supaya bisa naik ke 14 detik. Tapi kalau kata daddy (Apre), tunggu ada yang mendekati dulu, baru di-upgrade, sambungnya. Jangan anggap remeh (lagi) mobil ini ya bos-bos…

Rocket Bunny Style

Mesin sudah kencang, bukan berarti 7 tidak peduli dengan tampilan Daihatsu Sirion-nya. Supaya lebih oke, 7 tetapkan pilihan kepada model Rocket Bunny. Mobil jadi terlihat lebih gemuk, jelasnya. Custom dilakukan pada bagian bemper, hingga fender yang menjadi lebih lebar. Mendukung tampilan, kap mesin pakai bahan karbon, diikuti velg SSR Type-F berukuran 15 inci.

Modif Daihatsu Sirion 09

Bagian kabin, kesan racing ditonjolkan. Jok bawaan Sirion sudah digusur semuanya, gantinya adalah BRIDE Cuga untuk depan saja diikuti seatbelt TAKATA, roll cage, aksen karbon di dashboard, dan beberapa instrument tambahan. Namun 7 tetap membiarkan head unit berikut speaker 2-way melantunkan musik sebagai hiburan untuk mengusir kebosanan saat digunakan sehari-hari.

Modif Daihatsu Sirion 10

Modif Daihatsu Sirion 11

Spec
Engine : Swap To K3-VET, Custom Turbo & Exhaust Piping, HKS Blow Off Valve, ARC Intercooler, Custom Open Air Filter, Custom Intake Manifold, Blue Thunder Direct Ignition Coil, Dastek Unichip Q+ Piggyback, Dastek I-Drive, Dastek Turbo Module, Custom Clutch Disc, D1Spec Oil Catch Tank, Koyorad Radiator.
Wheel, Suspension, etc : SSR Type-F 15×7 Rims, GT Radial Champiro SX2 195/50 Tires (front), Custom Suspension, Ultra Racing Strut Bar, Ultra Racing Fender Bar, Ultra Racing Rear Stabilizer Bar, Ultra Racing Underbrace.
Exterior : Custom Fiber Front & Rear Bumper, Custom Fiber Wide Body, Carbon Fiber Engine Hood.
Interior : BRIDE Cuga Bucket Seats, TAKATA 5-point Harness, Momo Prototipo Steering Wheel, Sparco Shiftknob, Pivot Stepping Gauge, Custom 4-point Roll Cage, Alpine CDA-9887 Head Unit, Focal 2-way Speaker.

Tuned by : AP Speed, Jakarta Timur.

KOMENTAR