Mitsubishi Lancer GTi (CB5) : Detailed Conversion

Mitsubishi Lancer GTi (CB5) : Detailed Conversion

Bekasi, BosMobil.com – Sudah banyak yang mengkonversi Mitsubishi Lancer ke-6 yang beredar di Indonesia menjadi varian Mitsubishi Lancer Evolution III GSR. Langkah ini diambil lantaran ‘Lancer Evo’ memang tidak diimpor oleh Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di-marih.

Bukan berarti mobil yang tim BosMobil.com liput kali ini adalah pasaran, karena sekilas memang mirip dengan Lancer hasil konversi lainnya. Tapi jika diperhatikan, terdapat hal-hal men-detail yang merupakan hal penting juga bagi pemiliknya.

02

“Basic-nya Lancer GTi. Untuk dirubah total ke Mitsubishi Lancer Evolution III, saya membutuhkan waktu lebih dari 2 tahun,” buka Anton Chaidir. Saat ditanyakan bagian yang paling memakan waktu, Anton menjawabnya sambil membuka kap mesin.

03

Mesin 4G63 memang menempel di Lancer CB5-nya, yang kemudian dijelaskan oleh Anton, “Biasanya sasis depan masih pakai bawaan Lancer lokal, kalau saya pakai sasis Lancer Evolution-nya. Bedanya ada beberapa lubang baut untuk kabel dan lainnya. Jadi semua terpasang rapih sesuai tempatnya.”

04

Karena untuk harian, Anton tidak memodifikasi mesinnya, hanya penambahan fuel pressure regulator, ubahan exhaust system serta muffler yang bersuara seperti mobil standar. “Mobil nyaman, bisa kencang, 4WD, bahan bakar oktan 95 konsumsi bisa 1:9 kan wuenak banget mas hahaha,” jelasnya.

05

Kemudian untuk eksterior, seluruh parts Mitsubishi Lancer Evolution III GSR terpasang mulai bemper, spakbor, lampu depan-belakang, side skirt, bla bla bla… Makin detail, Anton juga menyertakan sunroof di Lancer-nya.

06

 

07

08

Jika detail, seharusnya menggunakan roda bawaan Lancer Evolution III GSR, namun Anton justru menggunakan velg Volk Racing TE37 berdiameter 18 inci. Terlalu besar? “Setelah diperhitungkan semuanya, seperti salah satunya rasio transmisi, paling cocok yaitu velg 18 inci,” bilang Anton.

09

Sama halnya kabin yang disematkan secara keseluruhan dari Lancer Evolution III GSR, hingga plafonnya. Hanya 1 yang kurang, yaitu instrument cluster di konsol tengah. “Barangnya sudah ada mas, tapi memang belum terpasang,” jujurnya sambil menunjukan instrument cluster-nya.

10

 

11

Tim peliput dari BosMobil.com pun merasakan sendiri saat menumpang ke lokasi foto. Lancer milik Anton ini terasa sangat nyaman, mulai dari tidak adanya getaran mesin, pendingin udara yang sejuk, dan akselerasi yang cihuy.

12

 

13

Konversi men-detail yang dilakukan oleh Anton pada Mitsubishi Lancer GTi menjadi Mitsubishi Lancer Evolution III GSR ini layak disebut ‘Detailed Conversion’. Mantab mas…

Anton’s Mitsubishi Lancer GTi :
Full Conversion To Mitsubishi Lancer Evolution III RS, Custom 3” Exhaust System, Volk Rays TE37 Rims, Falken ZIEX Tires, Cusco Street Spec Coilover Suspension, Pioneer Audio System.

Tuned by : BJM Autocars, RS Tuning, Jacobson.

 

Teks/foto : daniel

KOMENTAR