Mitsubishi Lancer (CK4) : The Excellent Built

Mitsubishi Lancer (CK4) : The Excellent Built

Bekasi, BosMobil.com – Berbicara modifikasi yang salah satunya adalah performance tidak harus selalu membahas mesin yang digunakan, turbo, dan embel-embelnya. Karena Mitsubishi Lancer yang kami liput kali ini memiliki sisi yang menarik.

Kenapa menarik? Jawabannya adalah karena Lancer berkode CK4 ini bisa dibilang salah satu mobil yang sempurna dibangun ke varian Lancer Evolution. “Mencari halfcut Evo 6-nya kurang lebih 2 tahun. Mulai hunting dari tahun 2012, dan mendapatkannya tahun 2014 yang lalu, ungkap Haji Kurdi.

Mitsubishi Lancer

Bukan lantaran kelangkaan atau bagaimana, namun pria yang akrab disapa Jikur ini mencari halfcut Lancer Evolution VI dengan kondisi lengkap. “Dulu sebenarnya ada yang menawarkan, tapi kondisi tidak lengkap. Nantinya akan susah untuk melengkapinya seperti body parts dan lainnya, lanjutnya.

Mitsubishi Lancer

Sementara Lancer Evolution VI (CP9A) dipilih karena Jikur memiliki alasan yang kuat. “Dari sekolah sudah suka dengan Evo 6, karena bentuknya yang lebih galak dibanding 4 atau 5, bilang Jikur. Ya, kami pun sepakat jika Lancer Evolution VI memiliki tampilan yang lebih galak. Namun kembali ke masing-masing selera, betul?

Mitsubishi Lancer

Lanjut ke Lancer milik Jikur, halfcut Lancer Evolution VI yang didapat memang betul-betul lengkap, mulai dari body parts, kaca, wiper, hingga bagian-bagian kecilnya. “Semua terpasang plug and play, tidak ada yang di-custom. Saya dapat sampai dek bagian belakang untuk ban serep, jujur Jikur.

Mitsubishi Lancer

Untuk bagian eksterior, Jikur memasang aksesoris berbahan karbon, seperti spion model Ralliart, serta wing belakang. Kita semua tahu, jika karbon sudah pasti membuat tampilan mobil lebih ciamik. Terbukti juga oleh beberapa pabrikan mobil yang menggunakan bahan karbon di varian sports car-nya.

Mitsubishi Lancer

Mitsubishi Lancer

Kemudian kaki-kakinya, karena Lancer Evolution VI memiliki desain bodi yang sedikit gemuk, Jikur memilih velg bawaan Lancer Evolution X yang berdimensi 18×8,5 inci. “Kalau standar Evo 6, lebarnya 8 inci. Sedangkan bodinya gemuk, nanti kelihatan cupu, jelasnya.

Mitsubishi Lancer

Kelengkapan Lancer Evolution VI juga didapat hingga bagian interior. Lihat saja dashboard, instrument cluster, doortrim, seat, dan lainnya. Namun agar memiliki nuansa yang sedikit berbeda, Jikur mensematkan jok Recaro bawaan dari Lancer Evolution VI Tommi Mäkinen Edition, atau Evo 6½.

Mitsubishi Lancer

Mitsubishi Lancer

Jantung utama sudah pasti dari mesin kebanggaan Mitsubishi, yaitu 4G63. Mesin 2.000 cc turbo ini masih dibiarkan standar dengan tenaga sekitar 280 PS, dan lengkap dipasangkan transmisi serta sistem all-wheel drive (AWD)-nya. Hanya saja pipa knalpot sudah di-custom berikut HKS Muffler yang sudah didapatkan dari halfcut.

Mitsubishi Lancer

Kami menyebutnya The Excellent Built, karena kami sempat mencoba mengendarai Lancer-nya. Akselerasi sudah pasti galak, namun kami tidak merasakan getaran yang ekstrim saat dikendarai santai, bahkan saat merilis pedal kopling layaknya mobil biasa. Disinyalir proses konversi baik dari eksterior, interior, mesin, transmisi, dan lainnya dilakukan secara presisi.

Mitsubishi Lancer

“Mungkin ini hasil dari kesabaran saya mencari halfcut Evo 6. Selain lengkap, semua kondisinya masih baik. Mesin tetap standar, tapi rencana akan di-upgrade. Barang-barangnya seperti turbo, piston, camshaft, dan lainnya sudah ada. Hanya menunggu waktu saja, tutup Jikur. Excellent…

Mitsubishi Lancer

Jikur’s Mitsubishi Lancer
Full Converted to Lancer Evolution VI, Carbon Fiber Side Mirrors, Carbon Rear Wing, OEM Lancer Evolution X Rims, Falken ZIEX Tires, HKS Air Filter, HKS Blow Off Valve, Custom Exhaust Piping, HKS Muffler, OEM Lancer Evolution VI Tommi Mäkinen Edition Front Seats, Sparco Shift Knob.

Tuned by : Abunawas Technica.

Teks/foto : daniel

KOMENTAR