Mitsubishi e-Evolution Concept Sapa Masyarakat Indonesia

Mitsubishi e-Evolution Concept Sapa Masyarakat Indonesia

Selain menambah varian pada beberapa produknya, PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut membawa mobil konsep Mitsubishi Motors yaitu Mitsubishi e-Evolution Concept di ajang GIIAS 2018. Mobil yang melakukan debut perdananya di Tokyo Motor Show 2017 lalu ini merupakan gambaran mobil listrik crossover yang akan datang.

Desain tampilan, Mitsubishi e-Evolution Concept hadir dengan desain khas Mitusbishi, yaitu Dynamic Shield. Grill dengan garis biru mempertegas sebagai mobil listrik. Air intake besar di bawah headlamp memberikan aliran udara untuk mendinginkan kaliper rem listrik. Aerodinamis juga ditunjukan dari jet tailfins di pilar C yang mengalirkan udara ke bemper belakang.

Kaca depan depan yang landai dan overhang pendek memberikan Mitsubishi e-Evolution Concept profil samping yang unik. Ground clearance yang tinggi, overhang pendek, bentuk bahu yang kokoh, dan pinggang kendaraan yang kecil menggambarkan kendaraan yang gesit dan lincah. Bentuk ban kekar yang menonjol menyiratkan torsi besar dari sebuah kendaraan 4WD.

Tenaga Mitsubishi e-Evolution Concept berasal dari 3 motor listrik dengan torsi yang berlimpah, dan dengan tiadanya mesin di bawah kap memberi ruang bagi desainer untuk mewujudkan kokpit yang baru dan radikal dengan panel instrumen tampak mengambang di depan pengemudi. Panel instrumen mengadopsi bentuk panel horizontal khas Mitsubishi.

Layar datar besar di dashboard menampilkan kondisi di luar mobil, navigasi, dan informasi pembimbing. Layar besar ini diapit oleh 2 layar yang lebih kecil untuk menampilkan gambar dari kamera depan dan belakang. Sisi samping yang didominasi oleh kaca memberikan visibilitas 360 derajat, untuk impresi yang lebih mirip dengan jet tempur.

Mitsubishi e-Evolution Concept menggunakan motor listrik dengan performa dan torsi tinggi yang dipadukan dengan sistem baterai berkapasitas besar. Drive battery terletak di bawah lantai tengah mobil, memberikan pusat gravitasi rendah untuk stabilitas pengemudian terbaik.

Mitsubishi e-Evolution Concept dibekali sistem triple motor 4WD menggunakan 1 motor untuk menggerakkan roda depan, dilengkapi dengan sistem Dual Motor Active Yaw Control (AYC) yang menggabungkan 2 motor belakang melalui unit torque-vectoring AYC yang dikontrol secara elektronik.

Semua terintegrasi ke dalam Super All-Wheel Control (S-AWC) sehingga meningkatkan kemampuan berbelok dan performa traksi. Remnya mengendalikan daya dorong dengan responsif dan tepat melalui bantuan kaliper listrik. Efek dari sistem tersebut dapat langsung dirasakan bahkan pada kecepatan dan tekanan gravitasi rendah.

Otak dari Mitsubishi e-Evolution Concept adalah sistem Artificial Intelligence (AI) yang dapat meningkatkan kemampuan pengemudian. Susunan sensor memungkinkan sistem AI untuk segera membaca perubahan kondisi jalan dan lalu lintas, serta keinginan pengemudi.

Fungsi bimbingan khusus memungkinkan sistem AI mentransfer pengetahuan kepada pengemudi untuk meningkatkan keahlian mengemudi. Setelah membangun gambaran tingkat keterampilan pengemudi, sistem ini membangun program pelatihan yang memberikan saran melalui dialog suara dan layar dasbor. Hasilnya, pengemudi dapat merasakan kendaraan sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan seketika mendapati diri mereka menikmati pengalaman berkendara yang belum pernah dinikmati sebelumnya.

KOMENTAR