Mesin All New Brio Masih Sama, Ini Alasan Honda

Mesin All New Brio Masih Sama, Ini Alasan Honda

Biasanya berganti generasi, diikuti berganti juga mesin. Contohnya seperti Honda Jazz, dari generasi pertama hingga ketiga, masing-masing generasi pun memiliki mesin yang berbeda. Memasuki generasi ke-2, all new Honda Brio tetap menggunakan mesin yang sama seperti sebelumnya. Namun dibalik semua itu, ternyata ada alasan khusus dari pihak Honda.

“Karena Honda Brio terutama varian Satya merupakan mobil low cost green car (LCGC), jadi ada regulasi yang harus dipatuhi. Mesin harus disesuaikan agar bisa diproduksi di Indonesia,” jelas Tsutomu Harano, Large Project Leader All New Honda Bro, Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. saat gelaran test drive di Bali pada 17-19 Oktober 2018.

Meskipun demikian, Tsutomu Harano menyatakan mesin all new Honda Brio tidak sepenuhnya sama seperti sebelumnya. Dikatakan jika ada penyempurnaan di beberapa bagiannya. “Setiap tahun ada pembaruan. Saya tidak bisa jelaskan satu persatu apa saja yang diperbarui. Tapi yang jelas, meskpun mobilnya membesar tetapi konsumsi bahan bakar tetap efisien,” lanjutnya.

All new Honda Brio menggunakan mesin berkode L12B yaitu 4 silinder 1.2L i-VTEC. Tenaganya adalah 90 PS disertai torsi 110 Nm. Bertambah besarnya dimensi, namun PT. Honda Prospect Motor (HPM) tetap menjanjikan konsumsi bahan bakar yang efisien seperti sebelumnya. Mesin ini juga digunakan pada Honda Brio RS yang merupakan segmen City Car.

“Kita lihat bagaimana perkembangan di masa yang akan datang, karena tentu saja Honda Brio akan terus bertumbuh. Biar nanti lebih ada kejutan. Apakah kapasitas mesin tetap sama, atau naik kapasitas untuk Brio RS, atau pakai mesin lainnya,” tambah Tsutomu Harano.

KOMENTAR