Mendaki Gunung Bromo Bersama Honda CR-V Turbo

Mendaki Gunung Bromo Bersama Honda CR-V Turbo

Honda CR-V Turbo yang diluncurkan PT Honda Prospect Motor pada bulan April lalu bisa dibilang babak baru bagi Honda CR-V di Indonesia. Pasalnya, mubil berjenis SUV pada generasi teranyar ini menggunakan mesin turbo.

Yup, mesin ber-turbo memang memiliki sederet keuntungan, contohnya pada Honda CR-V Turbo ini. Meskipun berkapasitas cukup kecil yaitu 1.500 cc, namun dengan dibekali turbo mampu menghasilkan tenaga 190 PS diikuti torsi cukup besar yaitu 240 Nm pada 2.000-5.000 RPM.

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Pada 19-20 Juli kemarin, HPM mengajak beragam media untuk menguji Honda CR-V Turbo ini ke Gunung Bromo. Diberikan tema Discover Greatness, tentunya dalam pemikiran kami adalah mencicipi mesin 1.5L turbo-nya tersebut.

Berangkat dari bandara udara di Malang, Jawa Timur, jalanan yang dilalui masih tergolong datar. Pertama kami mencoba Honda CR-V Turbo, sangat berbeda dengan generasi sebelumnya yang non-turbo. Mesin terasa sangat responsif, hal ini karena torsi yang cukup besar di putaran mesin rendah.

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Mesin 1.5L turbo dengan Earth Dreams Technology tersebut ditemani transmisi automatic berjenis continuously variable transmission (CVT) yang juga dengan Earth Dreams Technology. Transmisi ini membuat perpindahan gigi terasa halus. Saat santai, posisi transmisi D sudah sangat tepat, yang kemudian bisa dipindah ke posisi S bagi yang ingin lebih agresif.

Perjalanan berlanjut, kondisi jalan sudah banyak menanjak, yang mana transmisi selalu kami posisikan di S. Tanjakan demi tanjakan bisa dilalui oleh Honda CR-V Turbo, meskipun tidak menekan pedal gas yang dalam, yang artinya tidak semua performa dikeluarkan.

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Sesekali kami coba tekan pedal gas lebih dalam lagi di kondisi tanjakan, Honda CR-V Turbo seakan memberikan akselerasi berkat turbo-nya. Dan akhirnya tiba di salah satu penginapan di daerah Gunung Bromo untuk bermalam.

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Hari selanjutnya, tepat pukul 4 pagi, kami melanjutkan perjalanan lagi ke Gunung Bromo untuk melihat matahari terbit. Untuk menuju lokasi, jalanan semakin banyak tanjakan yang cukup ekstrim. Namun tetap saja, Honda CR-V Turbo ini mampu melibasnya tanpa ada kendala, meskipun berpenggerak roda depan.

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Perjalanan bersama Honda CR-V Turbo dengan kondisi jalanan yang kebanyakan tanjakan cukup ekstrim, akhirnya terbayarkan dengan dapat menikmati proses munculnya matahari sedikit demi sedikit dari Gunung Bromo.

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Setelah puas menikmati indahnya alam di Gunung Bromo, kami bersama media lain melanjutkan lokasi berikutnya yaitu Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies. Untuk menuju lokasi ini, Honda CR-V Turbo harus melewati banyak tanjakan, ditambah turunan dengan sudut yang ekstrim.

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Di lokasi Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies, HPM ingin menunjukan jika Honda CR-V Turbo dapat dikendarai di area padang pasir yang biasanya hanya bisa dilakukan dengan mobil berpenggerak roda empat alias 4-wheel drive (4WD).

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Di area yang cukup luas ini, Honda CR-V Turbo bukan hanya dapat dikendarai saja, melainkan dapat menari-nari alias bermanuver cukup ekstrim meskipun medannya adalah pasir. Hal ini diklaim berkat adanya fitur Vehicle Stability Assist yang dimiliki Honda CR-V Turbo.

Honda CR-V Turbo 2017 Indonesia

Mungkin performa ini yang menjadi hal utama bagi kami untuk disampaikan, karena seperti yang kami katakan sebelumnya, bahwa penasaran dengan performa mesin turbo baru yang terdapat Honda CR-V Turbo. Pembahasan lebih lengkap akan dilanjutkan dalam bentuk artikel review.

KOMENTAR