MECA Indonesia Judge Training 2015 :45 Peserta Sertifikasi

MECA Indonesia Judge Training 2015 :45 Peserta Sertifikasi

Jakarta, Bosmobil.com – Memasuki hari kedua, yaitu Jum’at (20/11/2015) perhelatan dilanjutkan dengan MECA Indonesia Judge Training yang kali ini jumlahnya meningkat menjadi 45 peserta, bahkan beberapa peserta berasal dari Malaysia dan Thailand.

Kali ini pembahasan lebih diperdalam mengenai aturan main dalam kompetisi menggunakan regulasi MECA (Mobile Electronics competition Association), sehingga 45 peserta ini siap menjadi juri di perhelatan resmi menggunakan regulasi MECA di Indonesia maupun di Asia.

6

2

Pembahasan teknikal dimulai dengan pembagian kelas SQ dalam MECA yang terdiri dari Stock, Street, Modified Street, Modified, Modex, extreme dan Master.juri harus jeli melihat mobil peserta jangan salah pilih kelas.”sehingga, sbelum mulai penjurian, mobil peserta wajib di periksa sistem didalamnya, agar tidak melewati kategori kelas yang diikuti.”, tutur head judge MECA dari Amerika Serikat Richard Papasin.

lalu, pembahasan score sheet dengan pemilihan track lagu terbagi bobot nilai yaitu bagian tonality terdiri dari low frequencies,lower midrange frequencies, midrange frequencies, dan high frequencies. Nah, sub realism terbagi lima sub poin yaitu dynamic/ impact, linearity (80-90 dB), linearity (95-115 dB), ambience dan realism/believability. sementara, sub ketiga yaitu stage yang terbagi stage width, stage depth dan stage heigh. Serta sub ke empat yaitu placement terdiri dari center, left, right, left center dan right center.

3

Penentuan track lagu paling lambat satu minggu sebelum penjurian dan disampaikan oleh peserta. hal ini agar peserta lebih siap menurunkan mobilnya dalam kompetisi menggunakan regulasi MECA.pasalnya satu poin penilaian SQ menggunakan beberapa track lagu. misalnya untuk menilai low frequensi menggunakan track lagu 3,9,15,17,19 dan 25. juri memilih track 3, jadi semua mobil untuk penilaian low frequensi-nya menggunakan hanya track lagu 3.”proses penjurian SQ posisi mobil dalam keadaan mesin mati, serta penentuan volume peserta yang memberikan acuan volume maksimalnya, sehingga juri akan memeilih suara terbaik dengan batas maksimal, baik menambahkan 2 step atau menurunkan dua step volume di source.”, tutur Richard Papasin.

semua kelas SQ menggunakan satu juri dengan maksimal jumlah peserta 20 mobil. Sedangkan kelas SQ2 menggunakan dua juri yang duduk di bangku depan dengan proses penjurian secara bersama.”untuk protes, peserta membayar 300 USD. hal ini dilakukan sebelum kompetisi dimulai.”, tambah Richard Papasin.

5

7

Setelah penjabaran teknis teori regulasi MECA, peserta diajak menilai mobil demo, sehingga simulasi juri bisa mumpuni dengan dampinan Head Judge Richard Papasin.”kami anjurkan peserta dalam memberi bobot nilai seadil mungkin dengan sistem didalam demo car yang disajikan panitia.”, tutupnya.

KOMENTAR