MECA Indonesia Competitor Training 2015 : kiat-Kiat Taklukan Regulasi MECA

MECA Indonesia Competitor Training 2015 : kiat-Kiat Taklukan Regulasi MECA

Jakarta, Bosmobil.com – Perkembangan industri car audio Indonesia akan semakin maju dalam barometer kompetisi, pasalnya wadah untuk meningkatkan gairah ini diwujudkan dengan terselenggaranya MECA (mobile Electronics Competition association) Indonesia Competitor training 2015 di Hotel Orchardz, Jakarta pusat pada 19-20 November 2015. P.T Audioworkshop yang memegang lisense MECA mendatangkan head judge dari Amerika Serikat Richard Papasin sebagai pembicara.

Pembahasan yang dipaparkan Richard Papasin menjabarkan bagaimana peraturan secara detail menggunakan regulasi MECA baik kelas SQ, SQL maupun SPL. pasalnya, satu mobil bisa mengikuti 3 kategori sekaligus di ranah SQ yaitu penilaian SQ saja, instalasi saja, pengukuran menggunakan RTA saja, atau ketiganya sekaligus dalam satu mobil.”tiga kategori ini memiliki scoresheet masing-masing, sehingga anda bisa menentukan kategori yang ingin anda ikuti. jika hanya suara saja yang diniliai itu ada juaranya, begitu juga dengan kategori instalasi saja atau pengukuran menggunakan RTA. Namun jika anda ikut tiga kategori dalam satu mobil mendapat gelar Best of the best of show award.”, tutur Richard.

1

Bedah ScoreSheet SQ
Penilaian ranah Sound Quality (SQ) terbagi menjadi empat bagian, yaitu bagian tonality yang terbagi empat sub poin terdiri dari low frequencies,lower midrange frequencies, midrange frequencies, dan high frequencies. lalu sub realism terbagi lima sub poin yaitu dynamic/ impact, linearity (80-90 dB), linearity (95-115 dB), ambience dan realism/believability. sementara, sub ketiga yaitu stage yang terbagi stage width, stage depth dan stage heigh. Serta sub ke empat yaitu placement terdiri dari center, left, right, left center dan right center.

“perlu diingat, peserta boleh memberikan jarak volume maksimal di sistem audio mobilnya, lalu juri memilih kisaran volume yang paling ideal untuk menjuri tanpa melewati batas maksimal volume yang diberikan peserta. Nah, untuk formatnya, peserta bisa menggunakan apa saja baik compact disk ataupun lainnya, data CD bisa dicopy didepan juri.”, imbuh Richard.

Lalu, pemilihan lagu tiap track harus ditentukan juri paling lambat satu minggu sebelum pertandingan dimulai.”pasalnya satu poin penilaian SQ menggunakan beberapa track lagu. misalnya untuk menilai low frequensi menggunakan track lagu 3,9,15,17,19 dan 25. juri memilih track 3, jadi semua mobil untuk penilaian low frequensi-nya menggunakan hanya track lagu 3.”, ujar Richard

Teliti Pilih Kelas Kompetisi
aturan mendasar dalam kelas yang dibuka adalah profil peserta, pasalnya mobil konsumen dari workshop bisa mengikuti semua kategori kelas baik Stock, Street, Modified Street, Modified, Modex, extreme dan Master. Namun, untuk distributor yang memiliki demo car hanya boleh turun di kelas Master.Tapi, Khusus Di Indonesia, akan ada rencana membuka kelas budged.

3

“kami akan bahas lebih dalam untuk di Indonesia kompetisi MECA bisa membuka kelas budged, hal ini akan di infokan lebih lanjut.”, tutur Wahyu tanuwidjadja, punggawa P.T Audioworkshop.

Kemudian, satu mobil hanya boleh mengikuti satu kelas SQ baik Stock, Street, Modified Street, Modified, Modex, extreme dan Master. “Rencananya, jika dibuka kelas budged peserta boleh ikut lebih dari satu kelas tapi harus di dalam satu kategori,misalnya kelas Stok 2K dan 6K, mobil ini tidak bisa ikut kelas lainnya seperti Street, Modified Street, Modified, Modex, extreme dan Master.”, tambah Wahyu tanuwidjadja

Perhelatan kompetisi MECA di indonesia akan dimulai pada tahun 2016 mendatang. Siapkan mobil kalian bos

4

5

6

7

KOMENTAR