Mahasiswa Bikin Honda Civic Hybrid 600 HP Untuk RallyCross

Mahasiswa Bikin Honda Civic Hybrid 600 HP Untuk RallyCross

Biasanya hanya tim khusus balap saja yang membuat mobil untuk mengikuti ajang balap. Kali ini justru grup mahasiswa sebanyak 19 orang dari Clemson University di South Carolina, Amerika Serikat yang membuat Honda Civic Hybrid bertenaga 600 HP untuk berkompetisi di RallyCross.

Dilansir carscoops, proyek ini sudah dimulai 2 tahun yang lalu, bertepatan dengan peluncuran Honda Civic sedan generasi terbaru. Dijelaskan jika terdapat 2 target dari grup mahasiswa tersebut, yaitu membuat mobil yang menawarkan performa luar biasa, serta mengurangi emisi yang dihasilkan.

Untuk mencapai targetnya, mereka menyematkan mesin 4 silinder 2.0L supercharged di tengah (mid-mounted) bertenaga 400 HP yang dikirimkan ke roda belakang. Kemudian juga terdapat mesin listrik ber-output 200 HP untuk roda depan. Hasilnya, Honda Civic hybrid ini mampu berakselerasi 0-60 mph dalam waktu 2 detik.

Formasi mesin pada Honda Civic ini dikatakan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 30%. Mobil ini juga terdapat sistem regenerative braking untuk mengisi daya ke baterai. Selain itu juga terdapat suspensi semi aktif yang mampu beradaptasi pada permukaan aspal, dan sistem all-wheel drive.

Secara tampilan, eksterior Honda Civic generasi 10 ini diberikan kesan racing. Terdapat body kit bersama fender yang besar agar bisa menampung roda yang lebar, adanya front splitter, rear wing yang besar, serta warna kombinasi hitam dan oranye.

KOMENTAR