Lebih Berat 20 Kg, Honda Jamin All New Brio Tetap Efisien

Lebih Berat 20 Kg, Honda Jamin All New Brio Tetap Efisien

Perubahan dimensi dan jarak sumbu roda pada Honda Brio generasi ke-2 tentunya akan memberikan efek positif, seperti legroom lebih lega dan bagasi lebih luas. Tetapi perubahan dimensi ini juga menimbulkan efek lainnya, yang mana all new Honda Brio menjadi lebih berat 20 kg dibandingkan generasi pertama.

“Jika berbicara frame, bobotnya bertambah 5 kg. Kemudian jika berbicara secara keseluruhan, bobot Honda Brio generasi ke-2 ini bertambah20 kg,” kata Tsutomu Harano, Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd, Development Leader saat pengumuman harga Honda Brio Satya dan Honda Brio RS terbaru hari Rabu (13 September 2018) lalu di Jakarta.

Namun pria berkebangsaan Jepang ini mengatakan all new Honda Brio tetap efisien bahan bakar meskipun bobotnya lebih berat ketimbang generasi sebelumnya. Tsutomu Harano mengakui sudah mempelajari secara keseluruhan saat melakukan pengembangan all new Honda Brio, sehingga harus mengoptimalkan bagian lainnya.

Sekedar informasi, Honda Brio generasi ke-2 ini tetap mengandalkan mesin 4 silinder 1.2L i-VTEC ber-output 90 PS dan 110 Nm. “Di Honda Brio ini, kami fokus juga pada aerodinamis. Contohnya pada bagian depan yang kami perbaiki, serta bagian bawah mesin kami berikan cover,” jelas Tsutomu Harano.

Hal ini pun dijelaskan untuk membuat Honda Brio generasi 2 lebih aerodinamis. “Kami sudah uji coba di air tunnel mulai dari model clay berskala 1:4, sampai 1:1. Target kami adalah mengurangi coefficient drag, dan hasilnya membaik sebesar 0,02. Jadi akselerasi tetap ringan dan konsumsi bahan bakar tetap efisien,” tambahnya.

Regulasi mobil LCGC adalah konsumsi bahan bakar untuk 1 liter-nya bisa mencapai 20 km. “Untuk konsumsi bahan bakarnya, sebelumnya kami juga sudah mengujinya, rata-rata menghasilkan 20 km untuk 1 liter-nya. Jadi kami menjamin all new Honda Brio tetap efisien untuk bahan bakarnya,” tutup Tsutomu Harano.

Berikut ini adalah daftar harga all new Honda Brio :
Honda Brio Satya S M/T – Rp 139 juta
Honda Brio Satya E M/T – Rp 147,5 juta
Honda Brio Satya E CVT – Rp 162,5 juta
Honda Brio RS M/T – Rp 175 juta
Honda Brio RS CVT – Rp 190 juta
(on-the-road Jakarta, estimasi BBN mobil pertama tahun 2018)

KOMENTAR