Komunitas AXIC Sumbang 4.000 Lebih Masker Untuk Warga Korban Asap

Komunitas AXIC Sumbang 4.000 Lebih Masker Untuk Warga Korban Asap

Jakarta, BosMobil.com – Musibah kabut asap yang masih terjadi di kota-kota di Pulau Sumatera dan Kalimantan makin menurunkan kesehatan para warga yang bersangkutan. Asap dari hasil pembakaran perkebunan ini yang tak kunjung padam ini menyebabkan warga sulit bernapas dan rentan menjadi korban penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Hingga kini mereka kesulitan menikmati udara bersih.

Untuk membantu meringankan beban warga yang terpapar kabut asap, komunitas otomotif AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) tergerak untuk membantu para warga korban kabut asap itu. Bantuan berupa masker N95 ini akan difokuskan di Palembang, Pekanbaru, dan Pontianak dengan tujuan warga yang membutuhkan, terutama anak-anak.

axic-masker-2

“Dari hasil sumbangan pribadi para anggota AXIC, kami berhasil mengumpulkan sejumlah uang untuk dibelikan masker N95 sebanyak lebih dari 4.300 masker,” ujar Chairul M Poetra, Wakil Ketua Umum AXIC, dalam keterangan pers kepada media, di Jakarta, Kamis (22/10).

axic-masker-3

Pria yang biasa disapa Jiput ini dengan ID 1093 menjelaskan, sejumlah masker N95 tersebut akan didistribusikan ke warga yang membutuhkan dengan melibatkan AXIC Cabang Palembang, Pekanbaru, dan Pontianak. Mereka turut turun langsung membagikan masker kepada warga di jalan raya dan anak-anak sekolah di masing-masing kota.

axic-masker-4

Di Palembang, misalnya, masker N95 diberikan kepada adik-adik di SDN 09 Pemulutan dan SDN 05 Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Sementara di Pekanbaru, AXIC Pekanbaru membagikan masker kepada warga dan anak-anak di Dumai.

“Kami bukan hanya komunitas otomotif belaka. Kami juga selalu berupaya untuk bisa bersinergi dengan banyak pihak dalam bentuk kegiatan bakti sosial yang sudah terprogram di komunitas AXIC,” ujarnya.

Setelah pengiriman 1.890 masker N95 tahap pertama, pengiriman tahap kedua segera dilakukan untuk 2.490 masker. Bantuan masker tahap kedua ini berasal dari AXIC chapter Halilintars yang mendapatkan bantuan dari para anggota Tamara Golf Club, yang dihimpun oleh om Arie Aumos (anggota AXIC yang juga anggota di Tamara Golf Club). Semoga niat baik dan bantuan kecil AXIC ini bisa membantu mengurangi risiko ISPA yang mengancam saudara-saudara senegeri di Sumatera dan Kalimantan.

Komunitas AXIC berdiri pada 3 April 2004. Saat ini para anggotanya tersebut di sejumlah chapter dan cabang di seluruh Indonesia dengan lebih dari 4.500 ID.

KOMENTAR