KIA Visto : When Stock Engine Does Not Enough

KIA Visto : When Stock Engine Does Not Enough

Jakarta, BosMobil.com – KIA Visto merupakan mobil berjenis city car, yang dibekali mesin 1.000 cc. Hal tersebut lumrah saja, karena mesin yang bertenaga kisaran 67 HP tersebut sudah sangat cukup untuk membawa mobil berbobot kurang dari 1 ton.

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-02

Roby Cahyadi selaku pemilik KIA Visto dalam artikel ini sebenarnya suka dengan modifikasi sektor sound system. Beragam perangkat audio dijejali di area bagasi yang mengakibatkan bobot mobil bertambah berat. “Berasa banget kalau tenaganya kurang,” jujur Roby.

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-03

Atas dasar hal tersebut, Roby memutuskan untuk memasang perangkat turbo. “Kebetulan temen saya ada yang jual, bekas Visto juga. Tanpa pikir panjang langsung saya beli,” katanya. Proses pemasangan turbo sepenuhnya diserahkan kepada ART Speed Engineering.

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-04

Mesin G4HC bawaan KIA Visto terlebih dahulu dilakukan porting-polish pada bagian kepala silinder. Namun untuk internal mesin tetap mengandalkan standarnya. “Karena hanya boost kecil saja,” singkatnya. Turbo-nya sendiri adalah IHI RHF4. “Sebenarnya terlalu besar, karena turbo ini untuk mesin 1.300 cc,” sambungnya.

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-05

Turbo bawaan Daihatsu YRV tersebut ditemani external wastegate, lengkap dengan custom manifold berikut intercooler-nya. Asyiknya, injektor bawaan KIA Visto dipertahankan, cukup ditambah injektor 2 unit di bagian intake, dan seluruhnya disesuaikan ulang melalui piggyback Dastek Unichip.

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-06

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-07

Untuk mendapatkan traksi lebih baik saat dikendarai, Roby mengandalkan roda berdiameter 15 inci. Kemudian sistem pengereman dibuat lebih kuat dari custom pada bagian discbrake bawaan KIA Visto. Sementara interior maupun sistem audio tetap terpasang, hanya cukup dipasang indikator tambahan.

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-08

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-09

Dengan boost pressure dari turbo yang disetel cukup 0,5 bar, tenaga mesin KIA Visto-nya bisa melonjak hampir 50% dari bawaannya, tepatnya adalah 121 HP. “Kalau saya rasakan sudah cukup banget untuk sekarang ini,” jelasnya.

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-10

Namun Roby belum pernah sekalipun mengujinya di arena balap. “Speeding hobi juga. Tapi belum pernah tes di balap, karena saya belum sempat. Tapi mudah-mudahan drag race Desember mendatang, KIA Visto ini bisa nongol,” tutup Roby.

KIA-Visto-Robby-ART-Speed-nov2015-11

Spec :
Porting-polish Cylinder Head, IHI RHF4 Turbo, External Wastegate, Custom Turbo Manifold, Custom Turbo Piping, Custom Intercooler, Extra Injectors, Mallory Ignition, Iridium Spark Plugs, Dastek Unichip Q+ Piggyback, Custom 2-ply Aluminium Radiator, 15” Rims, Accelera 195/45R15 Tires, Pivot Gekko Tachometer, Pivot Boost Pressure Gauge.

Tuned by : ART Speed Engineering.

KOMENTAR