Kejurnas Rally dan Sprint Rally Sidrap Didominasi Pereli Papan Atas

Kejurnas Rally dan Sprint Rally Sidrap Didominasi Pereli Papan Atas

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2017 seri 2 dan Kejurnas Sprint Rally 2017 seri 6 yang berlangsung di Sidrap, Sulawesi Selatan pada Sabtu-Minggu (28-29/10) didominasi oleh pereli-pereli papan atas Tanah Air. Setidaknya ada beberapa nama besar seperti Rizal Sungkar, Subhan Aksa, Sadikin Aksa, Ryan Nirwan, Mago Sarwono, hingga Eddy WS.

Dalam balap yang didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI) tersebut, pereli Mago Sarwono bersama Arianto Sjarief berhasil keluar sebagai juara pertama di ajang rally, diikuti oleh Subhan Aksa bersama Hade Mboi di posisi 2, dan Ryan Nirwan bersama Adi Indiarto di urutan 3. Persaingan di antara Mago dan Subhan selama 11 special stage (SS) berlangsung sangat ketat.

Pada 7 SS pertama, Mago berhasil mencatatkan waktu terbaik mengungguli Subhan, namun di SS 8 hingga SS 11, giliran Subhan yang balik unggul atas Mago. Namun sayang, perolehan Subhan tersebut belum bisa membuatnya mengalahkan Mago.

Sementara sprint rally, pereli Rizal Sungkar mengulang kesuksesan putaran sebelumnya dengan kembali menjadi juara pertama. Rizal bersama Edwin Nasution berhasil memuncaki podium, diikuti oleh Mago Sarwono bersama Arianto Sjarief di posisi 2 dan Ryan Nirwan bersama Adi Indiarto di posisi 3.

Bukan hal yang mudah bagi Rizal untuk mendapatkan podium, karena dari total 3 SS yang dijalani, ia harus mengakui keunggulan Mago di SS 2. Namun di SS terakhir, Rizal kembali membalikkan keadaan dan berhak atas juara pertama. Sementara Ketua Umum IMI Pusat, Sadikin Aksa, yang juga ikut di ajang sprint rally, berhasil finis di posisi 5.

Mengenai digelarnya Kejurnas Rally dan Sprint Rally di Sidrap, Rifat Sungkar selaku Direktur Rally dan Sprint Rally IMI Pusat menyatakan bahwa tahun ini merupakan momentum kebangkitan dari kancah olahraga rally di Indonesia.

“Rally dan sprint rally ini bukan hanya terjadi karena adanya atlet-atletnya saja, namun juga karena dukungan oleh pemerintah daerah. Tentunya dengan hal ini yang membuat balap dapat berjalan dengan baik, secara khusus untuk ajang rally dan sprint rally ini yang semakin menyasar ke berbagai daerah di Indonesia,” ungkap Rifat Sungkar, Direktur Rally dan Sprint Rally IMI Pusat.

“Harapan kami adalah agar momentum ini dapat terus dipertahankan ke depannya agar tidak putus sampai di sini, sehingga di masa yang akan datang rally dan sprint rally tetap mendapatkan hati di masyarakat Indonesia,” tambahnya.

KOMENTAR