Jajal Ketangguhan Mesin Baru Grand New Avanza dan Veloz Jakarta – Cirebon

Jajal Ketangguhan Mesin Baru Grand New Avanza dan Veloz Jakarta – Cirebon

Cirebon, BosMobil.com – Selain mempunyai desain yang segar dan baru, Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz mengusung mesin baru berjuluk NR Series. Untuk Avanza bermesin 1.3 Liter memiliki kode 1NR VE, semetara yang bermesin 1.5 Liter berkode 2NR-VE. Makin sip engine ini dibekali teknologi Dual VVT-i.

Sebelum melakukan perjalan Jakarta – Cirebon, Kamis (13/8/2015) Iwan Abdurrahman dari Technical service Division PT Toyota Astra menjelaskan seluk beluk kelebihan mesin yang diusung mobil sejuta umat ini.

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-2

Secara singkat, Dual VVT-i merupakan teknologi yang dapat mengatur timing katup intake manifold dan katup exhaust secara komputerisasi (ECU) berdasarkan rangkuman sensor yang ada, seperti sensor rpm, kecepatan berkendara, suhu udara dan lainya. berbeda dengan teknologi mesin Avanza sebelumnya yang hanya mengatur katup intake saja.

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-3

Katup intake dan exhaust pada dual VVT-i memiliki banyak kemungkinan waktu terbuka dan tertutup secara bersamaan. Sehingga gas buang tidak sepenuhnya dibuang melalui exhause. Selain untuk menekan emisi, gas buang yang disisakan diruang bakar ditujukan buat menambah daya dorong piston kebawah lebih kuat lagi. Dengan dorongan piston lebih kuat, tenaga yang distribusi makin kuat.

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-4

Injector Bikin Bahan Bakar Tidak Mubazir

Mesin Avanza sebelumnya memiliki 4 lubang injector untuk meyemprotkan bahan bakar, sedangkan yang baru bertambah banyak yakni 8 lubang. Intensitas bensin yang disemprotkan kurang lebih serupa, hanya saja 8 injector pada mesin baru memiliki diameter yang kecil. Tujuanya agar butiran bensin yang disemprotkan juga kecil, sehingga mudah dibakar dan bbm tidak mubazir.

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-5

Api lebih Besar dan Awet

Generasi Avanza baru dibekali dengan busi iridium. Kelebihannya adalah percikan bunga api besar, sehingga pembakaran semakin lebih baik. Selain itu busi iridium juga terkena tahan lama,Toyota mengklaim penggantian hingga 100 ribu km.

Drive By Wire Bikin Bahan Bakar Efisien

Baik Avanza Grand dan Veloz sudah menggunakan drive by wire, jadi pedal gas tidak dihubungkan dengan kabel ke mesin, tetapi menggunakan sensor di pedal yang mengirim sinyal ke mesin. Nah, dengan drive by wire masuknya bahan bakar disesuaikan dengan kondisi dan debit udara yang masuk. Dengan demikian udara dan bensin akan masuk keruang bakar akan seimbang dan tentu membuat bbm lebih efisien.

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-6

Tapi mesin ini memiliki torsi dan power cukup besar di segmen 1.3 L, mesin NR menghasilkan tenaga maksimum 96,5 PS pada putaran mesin (rpm) 6000, torsi maksimum 12,3 kg.m pada rpm 4.200. Di mesin 1.5 L power maksimum tidak ada perubahan yaitu 96,5 PS pada putaran mesin (rpm) 6.000, namun mempunyai torsi yang lebih baik mencapai 13,9 kg.m pada rpm 4.200 .

Hasil Uji Jakarta – Cirebon

Dengan bekal pengetahuan tentang mesin Avanza terbaru, bosmobil.com bersama 16 rekan media diberi kesempatan menjajal mobil keluarga ini. Baik mesin 1.3 L dan 1.5 L dengan denga transmisi otomatis dan manual kami uji bersama – sama.

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-7

Berbagai kondisi jalan kami hadapi, mulai dari macet, ramai lancar, hingga jalan bebas hambatan yang lurus dan sepi seperti kondisi tol Cipali. Peningkatan tenaga cukup terasa dibanding model yang sebelumnya, walaupun bobot mobil bertambah sekitar 60 kg.

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-8

Awal membejek gas hentakan mobil terasa lebih kalem dan urut, hal disebabkan teknologi drive by wire. Tetapi saat ketemu momentumya, tenaga mobil terus meningkat dan terasa tak habis – habis hingga kecepatan maksimum. Rasa ini dapat dijumpai dihampir semua varian.

Indikator ECO adalah salah satu yang menarik dibahas. Indikator ini menetukan gaya pengemudi dalam memabawa mobil. Bila kecepatan dan putaran konstan berada di bawah 4000 rpm maka indikator berwana hijau yang ada di odo meter akan menyala,dan menandakan mengemudi yang hemat bbm.

Bosmobil.com sempat melakukan test pada Grand Avanza G 1.5 liter manual, hasil yang didapat 17,1 km/liter dengan kecepatan konstas dibawah sekitar 80 km/jam di tol luar kota. Sedangkan pengujian pada Avanza matic 1.3 liter didapat angka sekitar 12,7 km/liter.

Disambut Hangat Sultan Kacirebonan

Perjalanan menyenangkan dengan Grand New Avanza dan Veloz dari Jakarta menuju Cirebon mengambil finish di tempat bersejarah, yakni Keraton Kacirebonan. Sultan Kacireboan, Pangeran Abdul Gani Natadiningrat, SE beserta Permaisuri menyambut rombongan dengan makanan dan sejumlah tarian khas Cirebon.

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-9

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-10

TEST-DRIVE-GRAND-AVANZA-Dan-VELOZ-11

KOMENTAR