Ini Dia 5 Mobil Mazda Yang Baru Diluncurkan (17 Foto)

Ini Dia 5 Mobil Mazda Yang Baru Diluncurkan (17 Foto)

Bertepatan dengan pengumuman sebagai distributor Mazda di Indonesia, PT. Eurokars Motor Indonesia juga sekaligus meluncurkan 5 mobil Mazda, terdiri dari Mazda 3, Mazda CX-3, Mazda 5, Mazda 6 Estate, dan Mazda MX-5. Secara keseluruhan, mobil-mobil yang baru diluncurkan ini sebagian besar sudah mengusung teknologi SKYACTIV.

Mazda 3

Mazda 3 yang diluncurkan di Indonesia merupakan versi hatchback. Sebenarnya tampilan mobil ini mirip-mirip dengan Mazda lainnya, yang mengadopsi KODO-Soul of Motion, terlihat dari tampang depan ciri khas Mazda, serta bagian belakang yang landai.

Masuk ke kabin, Mazda 3 didominasi warna hitam, dikombinasi aksen silver di beberapa bagiannya. Dashboard memiliki desain yang futuristik, dipadukan headunit layar sentuh, yang tombol pengaturannya dilokasikan di belakang tuas transmisi, layaknya mobil-mobil meVVah.

Mazda 3 yang beredar di Indonesia dibekali mesin SKYACTIV-G 2.0 yaitu 4 silinder 2.000 cc dengan angka kompresi hingga 14,0:1 untuk menghasilkan tenaga 165 PS dan torsi 210 Nm. Mesin ini dikoneksikan ke roda depan melalui transmisi SKYACTIV otomatis 6 percepatan.

Mazda CX-3

Bagi yang ingin mobil model hatchback tapi dengan ground clearance yang cukup tinggi, Mazda CX-3 bisa menjadi salah satu pilihannya. Mobil ini juga mengadopsi desain KODO-Soul of Motion, dan mengambil basis dari Mazda 2. Layaknya mobil crossover, Mazda CX-3 ditambahkan aksen hitam di sekeliling bodinya.

Seperti mobil Mazda lainnya, interior Mazda CX-3 didominasi warna hitam dikombinasi aksen silver dan merah untuk beberapa bagiannya. Desain dashboard, instrument cluster, dan panel lainnya juga mirip-mirip dengan Mazda 2 karena basisnya sama.

Mazda CX-3 menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.0 yang seharusnya sama seperti Mazda 3 sebelumnya. Namun dengan kompresi yang berbeda yaitu 13,0:1 tenaganya pun hanya 148,2 PS diikuti torsi 192 Nm. Transmisi yang disediakan hanya 6-speed automatic dengan teknologi SKYACTIV.

Mazda 5

Mungkin salah satu yang unik dari produk Mazda lainnya adalah Mazda 5 ini. Karena desainnya terutama tampang mukanya tidak seperti Mazda lainnya. Lampu maupun bemper jika kita ingat seperti Mazda 2 ber-platform DE. Kemudian stoplamp-nya juga memiliki desain yang cukup unik. Ayiknya, pintu tengah mobil ini sudah menggunakan mekanisme elektrik.

Di interior-nya juga berbeda dengan Mazda lainnya untuk masalah desain. Kemudian keseluruhan jok yang belum dilapisi kulit ini berwarna krem. Uniknya di jok tengah Mazda 5 bisa dijadikan 2-seater maupun 3-seater yang pengoperasiannya cukup mudah.

Mesin yang dibekali Mazda 5 adalah 2.0L SKYACTIV G yang bertenaga 151 PS diikuti torsi 190 Nm. Mesin dihubungkan ke transmisi 6-speed automatic yang juga dibekali teknologi SKYACTIV. Mazda 5 bisa menjadi rival baru bagi Toyota Kijang Innova dan kawan-kawannya.

Mazda 6 Estate

Mazda 6 sebenarnya sudah dipasarkan sejak lama di Indonesia dengan versi sedan. Secara mengejutkan Eurokars meluncurkan Mazda 6 Estate yang merupakan model station wagon, yaitu atapnya dipanjangkan hingga memiliki bagasi yang menyatu dengan ruang kabin. Tentu saja kapasitas bagasi menjadi lebih luas.

Secara garis besar, Mazda 6 Estate memiliki desain yang sama dengan versi sedannya, hanya saja mobil ini menjadi memiliki pillar D. Hal tersebut juga terjadi pada interiornya, yang sama seperti Mazda 6 sedan, dengan dominasi warna hitam.

Mazda 6 Estate digerakan oleh mesin SKYACTIV-G 2.5 yang memiliki output 187 PS dan 250 Nm. Mesin berkompresi 13,0:1 tersebut dihubungkan ke transmisi automatic 6-speed SKYACTIV. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi fitur-fitur untuk mengedepankan keamanan.

Mazda MX-5

Tidak kalah mengejutkan Eurokars juga meluncurkan mobil lightweight sports car mereka, yaitu Mazda MX-5 versi soft top. Mobil roadster yang juga biasa disebut Miata ini merupakan generasi ke-4, atau menggunakan platform ND.

Di Indonesia, Eurokars memasukan Mazda MX-5 dengan mesin 4 silinder 2.000 cc yang dibekali teknologi SKYACTIV. Meskipun menyandang sports car, Mazda MX-5 hanya bertenaga 158 PS dan torsi 200 Nm. Namun untuk mobil dengan bobot sekitar 1 ton, rasanya mesin tersebut sudah sangat cukup.

Sejak generasi pertama, Mazda MX-5 memang memiliki dimensi yang kompak. Perubahan drastis hanya terjadi di desainnya, yang mana generasi ke-4 ini diberikan desain futuristik pada exterior maupun interiornya.

Kelima mobil yang diluncurkan Eurokars ini menemani mobil Mazda lainnya yang sudah lama dipasarkan di Indonesia yaitu Mazda 2, Mazda 6 Sedan, Mazda CX-5 dan Mazda Biante.

KOMENTAR