Honda Mobilio RS CVT Facelift, Sporty Dipadu Kecanggihan

Honda Mobilio RS CVT Facelift, Sporty Dipadu Kecanggihan

Belum lama ini, Honda Prospect Motor mengajak berbagai media untuk merasakan Honda Mobilio facelift di Bali. Saat itu, APM mobil Honda di Indonesia tersebut memberikan 2 pilihan, yaitu tipe E CVT dan RS CVT. Melalui artikel ini, kami ingin memberikan review tentang Honda Mobilio RS CVT facelift yang merupakan tipe tertinggi.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Namanya facelift, sudah pasti platform yang digunakan Honda Mobilio RS  tetap sama, yaitu DD4. Harus diakui jika Honda Mobilio RS facelift maupun tipe dibawahnya memiliki tampilan yang lebih sporty ketimbang sebelum facelift yang menyerupai Honda Brio, karena memang basic-nya Honda Brio yang dipanjangkan.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Perubahan sangat jelas terjadi pada bagian depan. Honda Mobilio facelift dibekali headlamp desain baru yang mirip-mirip Civic. Namun kami mohon maaf karena di artikel peluncuran pada Januari lalu, kami menyebut headlamp Mobilio facelift dibekali Daytime Running Light (DRL), yang ternyata adalah LED Light Guide.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Desain headlamp baru mengakibatkan perubahan pada bemper, grill maupun kap mesin. Desain bemper sebenarnya bisa dibilang sama, namun kap mesin bertambah panjang, dan grill-nya kini menjadi tegak. Grill-nya sendiri untuk Mobilio RS berkelir hitam, membuat tampilan lebih sporty. Sementara selain RS justru grill-nya berbahan chrome.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Sisi samping Honda Mobilio RS facelift. Desain berkesan patah di bagian tengah masih menjadi keunikan tersendiri dibandingkan rival merek sebelah. Namun untuk atapnya, khusus Mobilio RS berkelir oranye diberikan warna hitam, dan ditambahkan roof moulding garnish. Velg 15 inci yang palangnya kombinasi hitam masih jadi andalan. Spion juga kini memiliki lampu sein, dan bisa dilipat secara elektrik.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Honda Mobilio RS CVT 2017

Hal tersebut berlanjut ke bagian buritan, yang mana Honda Mobilio RS tidak mendapatkan ubahan yang besar untuk facelift-nya. Tetap memiliki bemper desain sporty, hingga adanya tailgate spoiler. Hanya saja di antara stoplamp ditambahkan lis krom untuk menandakan ini adalah Honda Mobilio RS facelift.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Masuk ke interior, Honda Mobilio RS memiliki kabin dengan dominasi warna hitam. Ubahan jelas terjadi pada jok depan yang kini headrest-nya terpisah dan bisa diatur sesuai keinginan. Kemudian jok tengah kini lebih tebal ketimbang model sebelum facelift. Seluruh joknya berwarna hitam dikombinasi oranye berikut jahitannya. Jok paling belakang pun kurang cocok untuk orang dewasa, setidaknya memiliki karakter kaki ‘tiang’. Namun jok belakang dapat dilipat untuk kapasitas bagasi yang lebih luas.

Honda Mobilio RS CVT 2017 Honda Mobilio RS CVT 2017 Honda Mobilio RS CVT 2017

Dashboard diakui desainnya masih sama, berikut pengaturan AC dan adanya fitur Auto AC untuk mendinginkan kabin secara otomatis khusus Mobilio RS, ditambah AC double blower yang menjadi syarat utama. Kemudian instrument cluster Mobilio RS dikombinasikan digital untuk menampilkan berbagai informasi. Instrument cluster tersebut juga diberikan aksen oranye.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Honda Mobilio RS CVT 2017 Honda Mobilio RS CVT 2017

Head unit layar sentuh untuk Mobilio RS kini berukuran 6,8 inci. Head unit tersebut bisa memainkan beragam file dari DVD, CD, USB, hingga bisa terkoneksi dengan smartphone, serta adanya fitur-fitur pengaturan suara audio. Selain itu juga diberikan audio steering switch.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Dari head unit berlanjut ke speaker, yang mana untuk Honda Mobilio RS kini dibekali 6 speaker, atau tiap baris. Khusus di baris depan, Honda memberikan perangkat tweeter untuk Mobilio RS yang tentunya untuk menghasilkan suara frekuensi tinggi sehingga kualitas suara lebih baik.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Berbicara mesin, Honda masih mempertahankan mesin sebelumnya yaitu 1.5L i-VTEC. Tenaga 118 PS dan torsi 145 Nm bukanlah angka yang kecil untuk mobil MPV. Makanya Honda Mobilio RS tetap menggunakan mesin tersebut, yang dikoneksikan ke transmisi automatic berjenis CVT yang perpindahan giginya lebih halus ketimbang konvensional.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Sensasi berkendara Honda Mobilio facelift bisa dibaca di artikel kami sebelumnya (KLIK DISINI). Honda juga menambah fitur keselamatan yang canggih untuk Mobilio RS CVT, yaitu Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Kami tidak sempat mengujinya, namun laporan rekan kami yang mencobanya, VSA membantu mengurangi oversteer ketika menikung saat kecepatan yang cukup tinggi.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Itu adalah review dari Honda Mobilio RS. Secara keseluruhan kami suka, apalagi bagian depannya. Namun ada yang kami tidak suka, pertama adalah headlamp, yang tidak lagi dibekali proyektor lagi. Kemudian yang awalnya kami kira sudah dibekali DRL, ternyata bukan. Padahal kedua hal tersebut bisa menambah nilai dari Mobilio sendiri.

Honda Mobilio RS CVT 2017

Kemudian bagian belakang Honda Mobilio RS maupun tipe lainnya ditambahkan lis krom. Andai saja kami membeli mobil ini, pasti kami akan lepas lis krom tersebut. Namun itu pun kembali kepada masing-masing selera saja. Pada akhirnya, Honda Mobilio RS CVT dijual dengan harga Rp 243,5 juta. Kemudian untuk transmisi manual dijual dengan harga Rp 233 juta.

KOMENTAR